Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra Pelatnas Fran Kurniawan-Bona Septano meraih gelar juara pada turnamen Vietnam Terbuka di Ho Chi Minh City, Vietnam, Minggu.

Pada final, pasangan unggulan kelima tersebut mengalahkan ganda putra Taiwan Lin Chia Yu-Wu Hsiao Lin 18-21, 21-18, 21-18 dalam waktu lebih dari satu jam.

"Ini gelar pertama (kami)," ujar Fran mengenai kemenangannya bersama Bona. Sebelumnya Fran lebih banyak bermain di nomor ganda campuran, sedangkan Bona setelah berpisah dengan Mohammad Ahsan, sempat berpasangan dengan Afiat Yuris wirawan.

"Terima kasih untuk Djarum yang sudah biayai saya, terima kasih juga PBSI sudah memberi kesempatan selama ini. Walaupun cuma sekedar gelar GP (Grand Prix) saya bisa persembahkan gelar terakhir kalinya buat PBSI," ujar Fran.

Bona menambahkan bahwa mereka baru berpasangan selama tiga bulan, dan turnamen di Vietnam adalah turnamen internasional keempat mereka.

Sementara itu, tunggal putri unggulan kedua Hera Desi yang juga lolos ke final, gagal meraih juara setelah dikalahkan pemain China He Bing Jiao 10-21, 6-21.

Korea Selatan merebut ketiga gelar yang tersisa dengan memenangi final tunggal putra, ganda putri dan ganda campuran.

Unggulan keenam Shon Wan Ho meraih gelar tunggal putra dengan menyisihkan unggulan kedua Tan Chung Seang dari Malaysia 21-14, 21-9.

Sedangkan mahkota ganda putri diraih pasangan unggulan teratas Ko A Ra-Yoo Hae Won yang unggul atas pasangan Malaysia Amelia Alicia Anscelly-Soong Fie Cho 12-21, 21-10, 21-9.

Adapun gelar juara ganda campuran diperoleh pasangan Choi Sol Kyu-Chae Yoo Jung yang menang atas unggulan ketiga asal Taiwan Liao Min Chun-Chen Hsiao Huan 22-20, 19-21, 21-14.           

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013