Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Direktorat Kemahasiswaan, Subdirektorat Kesejahteraan Mahasiswa menyerahkan bantuan biaya pendidikan kepada 86 mahasiswa dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, Kamis.

Bantuan biaya pendidikan ini bersumber dari dana abadi yang dihimpun Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni dan Sistem Informasi Unhas.

Baca juga: Mahasiswa Unhas-UINAM terima bantuan dana pendidikan dari Polri

Direktur Kemahasiswaan Unhas Abdullah Sanusi PhD menyampaikan bahwa saat ini rasio penerima beasiswa belum mencapai 30 persen. Selain beasiswa KIP Kuliah, kerja sama pemda dan instansi perusahaan, Unhas juga mendorong bantuan biaya pendidikan melalui dana abadi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni dan Sistem Informasi Unhas Prof Farida Patittingi atas bantuan biaya pendidikan ini. Kami berharap ke depan lebih banyak lagi mahasiswa yang bisa terbantu melalui dana abadi,” ujarnya.

Baca juga: 48 mahasiswa KIP Kuliah Unhas raih prestasi nasional dan internasional

Sementara itu, Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Unhas Catharina MM, menyebutkan sebanyak 86 mahasiswa menerima bantuan biaya pendidikan. Besaran beasiswa yang diberikan bervariasi dengan maksimal bantuan Rp1,5 juta.

“Sebagian besar penerima bantuan biaya pendidikan dari dana abadi ini adalah mahasiswa berprestasi baik di bidang olahraga, keagamaan maupun di bidang keilmuan,” katanya.

Unhas menghadirkan program dana abadi sejak tahun 2022. Program ini diharapkan menjadi wadah alumni untuk berperan dan berkontribusi dalam pengembangan tri dharma perguruan tinggi.

Baca juga: 20 Tim Unhas lolos pendanaan riset I-CORE dari Kemendikbudristek

Sebelumnya, pada 17 Agustus 2023 lalu, Unhas juga menyerahkan dana bantuan pendidikan untuk 120 mahasiswa yang bersumber dari dana abadi perguruan tinggi bagi mahasiswa kurang mampu.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024