Tabungan di atas Rp5 miliar itu tumbuh sebesar 9,14 persen, tumbunnya jauh lebih cepat dibandingkan Februari yang 6,10 persen
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat, jumlah tabungan dengan nominal di atas Rp5 miliar meningkat hingga 9,14 persen pada April 2024.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa, mengatakan kategori tabungan orang kaya itu melonjak lebih tinggi dibandingkan bulan Februari 2024 yang tercatat sebesar 6,10 persen.

“Tabungan di atas Rp5 miliar itu tumbuh sebesar 9,14 persen, tumbunnya jauh lebih cepat dibandingkan Februari yang 6,10 persen,” kata Purbaya saat konferensi pers KSSK di Jakarta, Jumat.

Selain tabungan dengan nominal di atas Rp5 miliar, LPS juga mencatat adanya peningkatan jumlah tabungan di bawah Rp100 juta sebesar 7,3 persen.
Sedangkan, periode pada Februari 2024 tercatat tumbuh 5,17 persen.

Menurut Purbaya, kenaikan pertumbuhan tabungan tersebut mencerminkan pemerataan perbaikan ekonomi yang mulai dirasakan oleh masyarakat, serta stabilitas perekonomian ke depan yang diproyeksikan semakin kuat.

“Yang baik adalah (nominal) di bawah Rp100 juta juga tumbuh dengan baik. Di bulan Maret tumbuh sebesar 7,3 persen, naik dibanding bulan Februari 5,17 persen, dibanding tahun lalu Maret 2023 hanya tumbuh 3,1 persen. Ini kelihatannya kue perbaikan ekonomi mulai bisa dirasakan oleh masyarakat yang juga menggambarkan stabilitas ekonomi kita ke depan harusnya semakin kuat,” jelas Purbaya.

Sebelumnya, Purbaya sempat mengatakan bahwa tabungan orang kaya dengan nominal di atas Rp5 miliar menunjukkan tren penurunan drastis.

Penurunan tersebut tercatat dari sekitar tumbuh 14-15 persen di akhir 2023 menjadi 3,51 persen di awal 2024.

Baca juga: LPS sebut tabungan valas tumbuh positif meski rupiah melemah
Baca juga: LPS imbau masyarakat menabung di bank cegah uang dimakan rayap

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024