Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Tumou Tou Manado menyalurkan bantuan bagi warga lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, di Gorontalo, Jumat, mengatakan peran Dinas Sosial (Dinsos) sangat strategis dalam membangun kolaborasi dengan Sentra Tumou Tou Manado.

"Dinsos mengusulkan data penerima bantuan ke Kemensos RI. Data tersebut kemudian diverifikasi untuk menentukan penerima yang layak," ucap dia.

Baca juga: 121 penyandang disabilitas di Bone Bolango terima Atensi dari Kemensos

Bantuan yang diberikan berupa sembako, nutrisi, alat kebersihan diri, popok, alat bantu dengar, kaki palsu, kursi roda standar, kursi roda, tongkat, alat bantu berjalan dan sarana kamar. Total penerima bantuan mencapai 97 orang.

Seluruh bantuan diserahkan Bupati Nelson kepada para penerima yang telah melalui proses verifikasi lapangan oleh pemerintah daerah. Hal ini merupakan upaya maksimal pemerintah daerah dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan Atensi kewirausahaan lansia di Sidrap

"Sasaran bantuan ini meliputi penyandang disabilitas dan lanjut usia yang memang sangat memerlukan bantuan seperti kursi roda dan tongkat untuk mendukung aktivitas sehari-hari," ujar Nelson.

Ia berharap program tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Kemensos bantu 75 kursi roda untuk disabilitas & lansia di Situbondo

Bupati Nelson menegaskan bahwa program itu akan berkelanjutan melalui Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo dan pihaknya juga akan mengupayakan bantuan untuk anak-anak terlantar.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024