Mudah-mudahan dengan semua kekuatan yang kita kerahkan, berjibaku, bahu-membahu, para korban segera ditemukan
Makassar (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Andi Rian Djajadi bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bergerak cepat melakukan penanganan terhadap musibah banjir dan longsor yang melanda beberapa kabupaten di provinsi itu.

"Langkah-langkah penanganan sudah kami kerahkan. Kami juga sudah koordinasikan. Beberapa korban sudah ditemukan di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu," ujar Kapolda melalui keterangannya yang diterima saat sedang berada di wilayah Luwu Raya, Jumat malam

Andi Rian mengatakan curah hujan cukup tinggi sejak Jumat pagi di beberapa daerah kabupaten. Dari informasi yang dihimpun, wilayah yang terdampak bencana mulai dari Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Wajo, Enrekang, dan Luwu.

Baca juga: Delapan warga meninggal akibat bencana tanah longsor di Sulsel

Ia mengemukakan kondisi paling parah terjadi di Kabupaten Sidrap, Luwu, dan Wajo. Terdapat korban jiwa di Luwu dan Sidrap.

Dari informasi sementara yang diterima, kata dia, masih ada empat korban yang masih belum ditemukan karena hanyut terbawa arus air saat banjir terjadi. "Mudah-mudahan dengan semua kekuatan yang kita kerahkan, berjibaku, bahu-membahu, para korban segera ditemukan," harapnya.

Sementara itu Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menyampaikan berduka cita mendalam kepada warga yang meninggal dunia dan terdampak bencana tersebut.

"Kami pastikan Pemprov Sulsel bersama TNI-Polri dan seluruh jajaran penanggulangan bencana sudah bekerja sejak tadi pagi di lapangan hingga malam ini dan kami pastikan seluruhnya terkoordinasi," ujarnya 

Baca juga: BPBD: Satu warga tewas, jembatan & rumah rusak akibat banjir di Sidrap

Bahtiar mengemukakan bencana yang menimpa beberapa wilayah kabupaten di Sulsel telah ditetapkan tanggap darurat. Selanjutnya dilakukan penanganan sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP).

"Kami sendiri sudah menetapkan tanggap darurat. Saya sudah perintahkan bupati dan wali kota yang terkena banjir dan longsor untuk berada di tempat dan tidak meninggalkan lokasi," tegasnya.

Ia memastikan semua warga yang terdampak bencana terlayani. Pihaknya pun telah melaporkan kejadian bencana kepada pemerintah pusat dan telah diberikan atensi yang sangat tinggi dan akan memberikan bantuan ke daerah-daerah terdampak.

Baca juga: Akses jalan 3 kabupaten di Sulsel terputus akibat longsor di Enrekang
Baca juga: Banjir bandang dan longsor terjang lima kabupaten di Sulsel


 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024