pengambilan sampah setiap hari akan ditingkatkan volumenya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) kembali menata Lokasi Binaan (Lokbin) Pasar Minggu, khususnya terkait permasalahan sampah sehingga menjadi salah satu penyebab sepi pengunjung.

"Pengambilan sampah setiap hari akan ditingkatkan volumenya, biar terlihat lebih layak," kata Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Dan Menengah (PPKUKM) Jaksel Parulian Tampubolon saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, permasalahan di tempat itu terjadi karena lokasi tersebut dekat dengan pembuangan sampah sehingga pembeli pun tidak ada dan langka.

Untuk itu, kata Parulin, pihaknya telah berkoordinasi dengan semua instansi guna memperbaiki masalah sampah di Lokbin Pasar Minggu.

Parulin menambahkan Pemkot Jaksel telah menyepakati adanya penataan kembali lokasi tersebut, agar dapat menarik para pembeli dan dalam jangka pendeknya yaitu mengangkut semua sampah yang menumpuk di depan Lokbin Pasar Minggu.

Baca juga: Wali Kota sebut lokasi binaan Kota Intan strategis untuk tampung PKL

"Karena salah satu penyebab sepi adalah banyaknya sampah di depan lokbin. Jadi, ada kemungkinan TPS (tempat pembuangan sampah) yang ada dikaji lokasinya," katanya.
Pengendara sepeda motor melintas di Lokbin Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2024). ANTARA/Khaerul Izan
Ia mengatakan, selain penataan Lokbin Pasar Minggu jangka pendek, Pemkot Jaksel juga berencana merombak lokasi tersebut, apalagi satu kawasan dengan PD Pasar Jaya.

"Perlu perombakan penggunaan tempat. Jika masih ada sisanya, akan ditata ulang atau digunakan untuk tempat lain yang lebih produktif, mengingat lokasi satu kawasan dengan PD Pasar Jaya," katanya.

Sementara itu, seorang pedagang di Lokbin Pasar Minggu Cut Nurin (61) mengatakan bahwa setelah diresmikan beberapa bulan kemudian, lokbin langsung sepi karena permasalahan sampah yang sudah terjadi sejak dahulu.

"Selain masalah sampah, juga tempatnya kurang strategis, apalagi di depan pasar sudah banyak pedagang. Jadi, di sini tidak ketahuan, ditambah ada sampah," ujarnya.

Baca juga: Pasar Lokbin Cililitan Jakarta punya lapak bagi penyandang disabilitas

Sebelumnya, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta August Hamonangan meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk memperhatikan lokasi binaan (lokbin) Pasar Minggu, Jakarta Selatan karena berdekatan dengan tempat pembuangan sampah (TPS) di daerah itu.

"Lokbin itu butuh perhatian karena memang masalah persampahan di situ sangat meresahkan,” kata August

August menilai lokbin yang berada di kawasan Jakarta Selatan itu dekat dengan sampah sehingga masyarakat enggan berkunjung karena kotor dan berbau.

"Mungkin nanti ibu kepala Dinas PPKUKM DKI bisa turun ke Pasar Minggu," ujarnya.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024