Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Aceh meminta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh memberikan pelayanan ekstra dan prioritas kepada jamaah calon haji (JCH) yang sudah lanjut usia (lansia) pada pelaksanaan ibadah haji 2024.

"Kami minta PPIH fokus memberikan perhatian ekstra kepada jamaah calon haji lansia," kata Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Iskandar, di Banda Aceh, Minggu.

Permintaan tersebut disampaikan dalam kegiatan pelantikan PPIH Embarkasi Aceh 2024 yang dipimpin oleh Kakanwil Kemenag Aceh Azhari sebagai ketua, di Aula Asrama Haji Aceh, Banda Aceh.

Dia menyebutkan, penerapan pelayanan prioritas untuk lansia harus diimplementasikan dalam seluruh layanan haji, mulai dari keberangkatan hingga layanan ketika puncak haji nantinya.

"Apalagi, pemberian layanan prioritas kepada jamaah lansia juga sesuai dengan tema musim haji tahun ini, yakni Haji Ramah Lansia," ujarnya.

Baca juga: Kemenag jaring 36 petugas daerah untuk layani jamaah haji Aceh

Iskandar mengatakan bahwa tugas melayani lansia tidaklah ringan bagi PPIH. Namun, dengan semangat ikhlas beramal, diharapkan petugas dapat bekerja dengan sabar, tekun, dan siap memberikan pelayanan terbaik.

Selain itu, lanjut dia, sesuai dengan SE Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, setiap panitia di kabupaten/kota serta embarkasi, diminta tidak memperbanyak kegiatan seremonial yang bisa melelahkan jamaah, melainkan harus banyak beristirahat, terlebih lansia.

Oleh karena itu, tim PPIH Aceh harus bekerja lebih keras dan aktif membangun komunikasi dengan berbagai pihak agar semua urusan penyelenggaraan haji di Aceh berjalan lancar.

Kemudian, juga perlu mengkondisikan semua situasi agar jamaah dapat mempersiapkan perjalanan hajinya dengan tenang.

Baca juga: Kemenag Aceh sebut jamaah lansia masih jadi prioritas haji tahun ini

"Kami berharap panitia penyelenggara yang dilantik hari ini, mampu mengemban tugas dengan baik sesuai tanggung jawab masing-masing," kata Iskandar.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI Saiful Mujab juga berharap kepada PPIH Aceh untuk terus meningkatkan pelayanan pengawasan dan pembinaan kepada jamaah calon haji, khususnya yang berusia lanjut.

"Petugas haji ini adalah layanan untuk memberi perlindungan kepada jamaah agar bisa melaksanakan ibadah dengan tenang mulai dari asrama haji, layanan luar negeri, sampai pemulangan," katanya.

Dia menambahkan, pelayanan kepada jamaah calon haji merupakan agenda nasional yang perlu terus ditingkatkan kualitasnya. Layanan terbaik tersebut harus dimulai sejak jamaah dikumpulkan di asrama haji.

Baca juga: Kemenag bangun tiga pusat layanan haji terpadu di Aceh

"Asrama haji harus dijadikan tempat nyaman, layani seperti keluarga dan orang tua sendiri. Petugas harus memberikan senyum terbaik, sehingga jamaah nyaman dan terlayani baik," demikian Saiful.
 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024