Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono meninjau persiapan pelaksanaan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan atau BPJS yang akan mulai 1 Januari 2014, dengan mengunjungi kantor pusat PT Askes (Persero).

Boediono yang didampingi Menteri Kesehatan Nafsiah Mboy tiba di kantor pusat PT Askes, Jakarta, Rabu, langsung mendapat penjelasan dari Dirut PT Askes Fachmi Idris mengenai persiapan pelaksanaan BPJS.

Dalam kesempatan itu, Wapres berkesempatan dialog dengan 12 kepala divisi yang berada di 12 kota besar Indonesia.

UU No 24/2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mengamanatkan PT Askes (persero) menjadi BPJS Kesehatan per 1 Januari 2014. BPJS Kesehatan akan menyelenggarakan jaminan kesehatan.

BPJS adalah badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. BPJS terdiri atas BPJS Kesehatan yang sebelumnya dilaksanakan oleh PT Askes (Persero) dan BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya dilaksanakan PT Jamsostek (Persero).

Seluruh penduduk Indonesia wajib menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS, termasuk orang asing yang telah bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia dan telah membayar iuran.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013