Seoul (ANTARA News) - Single terbaru penyanyi rap "Gangnam Style" Psy yang berjudul "Gentleman" menjadi video K-pop yang paling banyak ditonton selama tahun 2013, kata situs berbagi video YouTube pada Selasa.

Menurut data terkini YouTube yang dikutip kantor berita Yonhap, video musik penampil single Korea Selatan sejauh ini telah menarik sekitar 600 juta penonton.

Lagu "Gentleman" telah memecahkan rekor dunia sebagai video yang paling banyak ditonton dalam jaringan dalam satu hari saat dirilis pada April. Video itu ditonton 100 juta penonton YouTube dalam waktu satu bulan.

Sementara Girls' Generation, yang menerima penghargaan "Video of the Year" 2013 dari YouTube Awards bulan lalu untuk video "I Got a Boy", berada di urutan kedua dalam kategori K-pop dengan lagu yang sama.

Sembilan anggota girlband itu juga menempati peringkat kelima dan keenam daftar video yang paling banyak ditonton untuk lagu "Dancing Queen" dan "Galaxy Supernova."

Boyband EXO juga membuktikan popularitasnya dengan mengambil tempat ketiga dan keempat untuk video musik "Growl" dan "Wolf."

Sementara video kelompok f(X)s yang berjudul "First Wisdom Tooth" berada di peringkat ketujuh, diikuti video boyband Super Junior M berjudul "Break Down", 2NE1 dengan hit "Falling in Love" dan 4minute dengan lagu "Whats Your Name."

Peringkat ini didasarkan pada jumlah kunjungan video yang dirilis YouTube antara Desember lalu sampai November tahun ini.

(Uu.H-AK)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013