Kami berkomitmen untuk menjadikan produk lokal sebagai cendera mata dari kekuatan kearifan lokal untuk jamuan tamu-tamu kenegaraan yang akan datang
Samarinda (ANTARA) -
Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersiap melakukan kurasi dan memperkenalkan produk-produk lokal sebagai cendera mata yang mencerminkan kekayaan potensi Kalimantan Timur dalam menyambut agenda nasional Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di lokasi IKN.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan produk lokal sebagai cendera mata dari kekuatan kearifan lokal untuk jamuan tamu-tamu kenegaraan yang akan datang," ujar Direktur Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN, Muhsin Palinrungi di Samarinda, Senin.

Ia menyatakan pentingnya integrasi kearifan lokal dalam konsep pembangunan kota modern yang berkelanjutan.
 
Pada saat peringatan 17 Agustus 2024 di IKN yang dipimpin langsung oleh Presiden RI , Otorita IKN memberikan akses bagi tamu untuk melihat dan membeli produk-produk lokal di Ibu Kota Nusantara, sehingga produk tersebut dapat berkembang dan dilestarikan sebagai bagian dari ekonomi kreatif.
 
Konsep IKN sebagai kota modern yang mengintegrasikan kearifan lokal dengan smart city menjadi fokus utama pihak otorita.

Muhsin menegaskan bahwa tidak ada pertentangan antara kota modern dan aspek pelestarian.
 
"Kami berusaha menciptakan keseimbangan, dimana aspek-aspek budaya lokal seperti kelestarian hutan yang telah dijaga oleh leluhur kita, dapat terus dipertahankan dan diintegrasikan dalam pembangunan kota," tambahnya.
 
Pengembangan kearifan lokal tidak hanya terbatas pada kawasan inti IKN, tetapi juga meluas ke kampung-kampung dan kecamatan di sekitarnya.
 
"Kawasan sekitar di luar IKN adalah mitra strategis dalam pengembangan kebudayaan. Kami mengajak mereka untuk menjaga kearifan lokal, yang merupakan bagian dari identitas dan kekuatan budaya mereka," kata Muhsin.
 
Muhsin juga menyinggung tentang kolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional untuk memastikan bahwa kearifan lokal tetap terjaga dan berkembang. "Kami berencana melibatkan kabupaten dan kota di Kalimantan Timur dalam pengembangan budaya lokal, terutama setelah perayaan 17 Agustus nanti," ungkapnya.
 
Menjelang pembangunan IKN, Muhsin mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Timur untuk mendukung dan berpartisipasi dalam mengembangkan tradisi dan adat lokal.
 
"Mari kita sama-sama menjaga dan mengembangkan budaya lokal, sehingga IKN dapat menjadi kebanggaan bersama dan manfaatnya dirasakan oleh seluruh masyarakat," kata Muhsin.
 
Otorita IKN berkomitmen untuk membangun ibu kota baru yang berkelanjutan dan modern. Terletak di Kalimantan Timur, IKN dirancang untuk menjadi pusat pemerintahan dan kebudayaan yang mengedepankan kearifan lokal dan teknologi terkini.

Baca juga: Otorita IKN optimalkan potensi kearifan lokal melalui Museum Kehidupan
Baca juga: OIKN semangati petani lokal jadi tuan rumah pemenuhan pangan IKN
Baca juga: OIKN: Komputasi berperforma tinggi penting untuk kota cerdas di IKN

 

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024