"Setia dan konsisten pada cita-cita sebagai aktivis; PMII, GP Ansor, partai politik, dan terpilih jadi DPR RI,"
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie mengenang sosok anggota Komisi X DPR RI Mohammad Haerul Amri (Gus Aam) sebagai sosok yang setia dan konsisten pada cita-cita sebagai aktivis.

Mulai dari, bergabung sebagai kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) hingga Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor).

"Setia dan konsisten pada cita-cita sebagai aktivis; PMII, GP Ansor, partai politik, dan terpilih jadi DPR RI," kata Gus Choi, sapaan karibnya, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selain itu, dia juga mengenang sosok Gus Aam sebagai kader muda Nahdlatul Ulama (NU) yang saleh.

"Saya bersaksi, dia anak yang saleh. Aam salah satu kader terbaik NU," ujarnya.

Bahkan dalam lingkup pergaulan, ia mengenang Gus Aam sebagai sosok yang sangat menyenangkan.

"Periang, selalu bawa nuansa humor. Peduli pada temannya. Semua temannya merasa nyaman. Selain itu, almarhum bersikap santun dan hormat kepada siapapun," tuturnya.

Gus Choi selaku rekanan di PMII dan Fraksi NasDem itu pun lantas menyampaikan doa agar almarhum wafat dalam keadaan baik dan beriman.

"InsyaAllah husnul khatimah. Ahlul jannah, lahul fatihah. Amin," kata dia.

Sebelumnya pada Senin (6/5) siang, Gus Aam dikabarkan meninggal dunia saat melaksanakan kegiatan kunjungan kerja (kunker) di Palembang, Sumatera Selatan.

"Iya benar. Pas lagi kunker ke Sumatera Selatan, setelah makan siang beliau merasa kurang sehat," kata Anggota Komisi X DPR RI Khadafi.

Diketahui, Gus Aam menjabat sebagai Anggota Komisi X DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur II. Di DPP Partai NasDem ia menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga. Ia juga Sekretaris Jenderal Garda Pemuda NasDem.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024