Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa Indonesia Digital Testing House (IDTH) merupakan balai uji perangkat yang memiliki fasilitas bertaraf internasional.

"IDTH telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih berkelas internasional untuk menguji fitur-fitur perangkat digital seperti fitur telekomunikasi, radio frekuensi, electromagnetic compatibility, electrical safety, dan spesific absorption rate," ujar Budi Arie dalam peresmian bangunan tersebut di Tapos, Depok, Jawa Barat.

Budi mengatakan IDTH merupakan transformasi dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) di bawah Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo, yang kini telah menjadi pusat pengujian perangkat digital terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara.

Baca juga: Menkominfo sebut IDTH miliki peranan penting untuk ekosistem digital

Adanya fasilitas bertaraf internasional tersebut, kata dia, bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna perangkat telekomunikasi di seluruh Indonesia, melakukan standarisasi produk ekspor maupun import perangkat, serta menjamin interoperabilitas dan perlindungan interferensi antar perangkat.

Adapun perangkat yang diuji di antaranya laptop, ponsel, bluetooth, access point, televisi digital, handy talkie, dan radar. Budi Arie menambahkan bahwa peresmian ini juga menandai penambahan kapasitas yang signifikan di IDTH.

"Pada tahun 2023 terdapat 644 fitur yang diuji di fasilitas ini. Seiring dengan pertambahan perlengkapan dan pengembangan teknologi yang kami lakukan, kapasitas pengujian di tahun 2024 akan diproyeksikan menjadi sekitar 1.600 fitur, sedangkan di tahun 2025 sampai 2026 IDTH diperkirakan mampu melayani pengujian hingga 5000 fitur per tahun," ujar dia.

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Indonesia Digital Testing House (IDTH) sebagai pusat pengujian perangkat digital dan telekomunikasi yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara.

"Saya bersyukur sekarang kita memiliki Indonesia Digital Testing House, pusat pengujian perangkat yang berstandar Internasional yang tadi telah disampaikan oleh Menteri Kominfo. Terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada peresmian IDTH di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa.

Presiden menjelaskan IDTH yang menjadi wajah baru dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) menjadi pusat sertifikasi perangkat digital terdepan di kawasan Asia Tenggara.

Usai peninjauannya, Presiden mengatakan seluruh ruangan dan fasilitas dilengkapi dengan perangkat yang sangat modern. Presiden juga menyebutkan anggaran untuk membangun IDTH menghabiskan Rp980 miliar.

"Jadi kalau peralatannya super canggih seperti itu ya enggak kaget, karena anggarannya gede. Dan saya tahu pengujian perangkat ini memiliki peran yang sangat krusial, seluruh perangkat digital diuji di tempat ini," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi: IDTH pacu pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik RI

Baca juga: Presiden sebut perangkat teknologi-komunikasi masih didominasi impor

Baca juga: Presiden resmikan IDTH jadi pusat uji perangkat digital terbesar ASEAN

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024