Hong Kong (ANTARA) - Hong Kong mencatat sekitar 766.000 kedatangan pengunjung dari China Daratan melalui sejumlah titik kontrol udara, laut, dan darat sepanjang Pekan Emas Liburan Hari Buruh di China Daratan yang berlangsung dari 1 hingga 5 Mei, dengan rata-rata kedatangan harian sekitar 153.000 orang, meningkat 22 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Mengutip data statistik dari Departemen Imigrasi Hong Kong, seorang juru bicara pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong pada Senin (6/5) mengatakan bahwa jumlah keseluruhan pengunjung inbound (masuk) dari China Daratan sesuai dengan perkiraan sebelumnya, dan operasi di titik-titik kontrol perbatasan serta pengaturan yang berbeda untuk penerimaan pengunjung secara umum berjalan dengan lancar.

Sebanyak sekitar 570 kelompok tur dari China Daratan mengunjungi Hong Kong sepanjang periode liburan tersebut, dengan sekitar 19.000 kedatangan, kata sang juru bicara.

Sekretaris budaya, olahraga, dan pariwisata pemerintah SAR Hong Kong Kevin Yeung mengatakan meskipun selama Pekan Emas Liburan Hari Buruh hujan sering turun, jumlah pengunjung dari China Daratan ke Hong Kong sesuai dengan perkiraan awal mereka. 

Wisatawan dari China Daratan mendatangkan lebih dari 2 miliar dolar Hong Kong (1 dolar Hong Kong = Rp2.049) atau sekitar 260 juta dolar Amerika Serikat (1 dolar AS = Rp16.025) dalam bentuk konsumsi yang menguntungkan perekonomian Hong Kong dan membuat pasar sangat hidup, kata Yeung.

Dia menambahkan bahwa pemerintah akan menggunakan pengalaman di masa lalu untuk meningkatkan pelayanan dan menarik pengunjung.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024