Jakarta (ANTARA) - TNI AU bertemu dengan beberapa negara Asia dan Eropa guna membangun hubungan bilateral dan bekerja sama di bidang pertahanan.

Dalam siaran pers yang diunggah di akun Instagram resmi milik TNI AU yakni @militer.udara, dijelaskan TNI AU yang diwakili Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Andyawan Martono melakukan pertemuan dengan beberapa negara Asia dan Eropa di sela-sela kegiatan Air and Space Power Conference di National Convention Center, Canberra, Australia, Selasa.

Pada pertemuan pertama, Andyawan bertemu dengan Chief of Air Force Of the Royal Australian Air Force (CAF RAAF). Dalam pertemuan tersebut, Wakasau membahas soal rencana digelarnya latihan bersama antara militer udara Indonesia dan Australia.

"Pertemuan kedua dengan Chief of Air Force (CAF) of the Royal Singapore Air Force (RSAF). Wakasau mengucapkan selamat atas terpilihnya CAF sebagai KSAU Singapura," seperti dikutip dalam rilis tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Andyawan juga mengapresiasi RSAF yang mampu mencapai status Full Operational Capability (FOC) untuk pesawat H225M dan CH-47F Chinook. Sedangkan, KSAU Singapura mengapresiasi TNI AU atas partisipasi dan kehadiran putra bangsa  di Jupiter Aerobatic Team (JAT) dalam ajang Singapore Air Show pada Februari 2024 lalu.

Selanjutnya, KSAU bertemu dengan Commander of the Royal Brunei Air Force (RBAF). Dalam pertemuan tersebut Wakasau memberikan apresiasi kepada Brunei dan RBAF yang telah membeli enam helikopter H145M.

Helikopter itu dibeli Brunei untuk menggantikan armada Bo-105 yang sudah mendukung tugas RBAF selama 41 tahun dan dipensiunkan pada dua tahun yang lalu.

Terakhir, Wakasau bertemu dengan Space Commander of the French Space Command. Dalam diskusi di pertemuan itu, Wakasau menyatakan ketertarikan TNI AU untuk mempelajari latihan militer ruang angkasa yang sempat dilakukan militer Prancis.

Prancis sendiri telah melaksanakan AsterX atau latihan militer ruang angkasa berbasis War Games beberapa waktu lalu.

Melalui pertemuan dengan beberapa negara tersebut, Wakasau berharap hubungan bilateral Indonesia dan seluruh negara bisa berjalan dengan baik, terutama di bidang penguatan pertahanan udara.
Baca juga: TNI AU dan militer AS dipastikan gelar latihan bersama Juli 2024
Baca juga: TNI AU jalin kerja sama di bidang pertahanan dengan militer Prancis 

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024