Pemberian diskon tarif tiket juga sebagai peran serta KAI mendukung pengembangan potensi wisata dan ekonomi lokal Cilacap
Purwokerto, Jawa Tengah (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto memberikan diskon harga tiket KA hingga 25 persen untuk mendukung kegiatan Cilacap UMKM Expo 2024, yang digelar di Cilacap, Jawa Tengah, pada 15-19 Mei 2024.

"Program spesial ini dihadirkan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan kereta api terutama dalam mengakses berbagai lokasi wisata di wilayah Cilacap dan sekitarnya," kata Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih di Purwokerto, Banyumas, Jateng, Rabu.

Kendati demikian, dia mengatakan potongan harga tiket hingga 25 persen tersebut untuk kereta api komersial antarkota yang berlaku untuk keberangkatan pada 15 Mei 2024 sampai dengan H-45 khusus untuk KA-KA keberangkatan awal dari stasiun di wilayah KAI Purwokerto

Menurut dia, masyarakat bisa mendapatkan potongan harga tiket tersebut dengan melakukan pembelian tiket melalui stan KAI di ajang Cilacap UMKM Expo 2024 tersebut.

"Selain untuk menyukseskan kegiatan Cilacap UMKM Expo 2024, pemberian diskon tarif tiket juga sebagai peran serta KAI mendukung pengembangan potensi wisata dan ekonomi lokal Cilacap," katanya.

Dia mengatakan acara Cilacap UMKM Expo 2024 merupakan kegiatan yang mempertemukan industri UMKM dengan masyarakat secara langsung sekaligus memfasilitasi industri UMKM Kabupaten Cilacap untuk semakin memperkenalkan produk dan jasanya.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga untuk menggerakkan sektor pariwisata, meningkatkan ekonomi, dan membangun jejaring bisnis antarindustri UMKM dan pariwisata baik skala lokal, nasional, bahkan internasional.

"Dengan hadirnya KAI Daop 5 Purwokerto dalam event tersebut menjadi wujud nyata dukungan KAI dalam sektor ekonomi dan pariwisata khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap sekaligus wujud apresiasi bagi masyarakat pelanggan setia kereta api untuk terus memilih menggunakan jasa layanan transportasi KA," katanya.

Lebih lanjut, Feni mengatakan besaran diskon tarif tiket yang diberikan bervariasi, yakni sebesar 10 persen untuk kereta api keberangkatan awal Stasiun Cilacap di antaranya KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir dan KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang Banyuwangi.

Selanjutnya, kata dia, KA Kamandaka relasi dari Cilacap-Purwokerto-Semarang Tawang Bank Jateng dan KA Joglosemarkerto relasi dari Cilacap-Kutoarjo-Yogyakarta

"Khusus untuk KA Baturraden Ekspres keberangkatan awal dari Stasiun Purwokerto dengan relasi Purwokerto-Kroya-Bandung mendapatkan diskon tarif hingga 25 persen," katanya.

Selain hanya dapat dilakukan di stan KAI selama acara Cilacap UMKM Expo 2024 dan berlaku untuk keberangkatan tanggal 15 Mei 2024 hingga H-45, kata dia, diskon tarif tersebut dapat diperoleh dengan ketentuan tarif diskon tidak berlaku untuk kereta compartement, luxury, priority, imperial, panoramic, dan/atau kereta wisata lainnya.

Menurut dia, tarif diskon tidak berlaku reduksi kecuali reduksi infant atau bayi serta tidak berlaku tarif khusus dan/atau diskon lainnya, namun dapat dibatalkan dan diubah jadwal sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga: KAI: Sektor angkutan barang Daop Purwokerto catatkan kinerja positif
Baca juga: KAI Purwokerto tambah rangkaian kereta untuk mengakomodasi pemilir
Baca juga: KAI Purwokerto siagakan 68 petugas ekstra selama masa angkutan lebaran

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024