Tahun ini rencana pemberangkatan jamaah calon haji sebanyak 12.437 orang atau mengalami peningkatan empat persen dibandingkan pada 2023
Batam (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, siap melayani angkutan udara para jamaah calon haji, yang berlangsung mulai 12 Mei 2024.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Kepri, Rabu, mengatakan sebanyak 389 personel operasional khusus telah disiapkan untuk melayani jamaah calon haji, baik di asrama haji maupun bandara.

"Selain itu, PT BIB secara khusus juga memastikan kesiapan infrastruktur bandara pendukung pelayanan angkutan udara jamaah haji selama proses embarkasi dan debarkasi," katanya.

Ia menyebutkan pada tahun ini rencana pemberangkatan jamaah calon haji sebanyak 12.437 orang atau mengalami peningkatan empat persen dibandingkan pada 2023.

Ia menyampaikan pada tahun ini rencana pemberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Batam melalui Bandara Internasional Hang Nadim sebanyak 28 kloter, dengan rincian Kepri 4 kloter sebanyak 1.343 jamaah calon haji, Riau 12 kloter sebanyak 5.273 jamaah calon haji, Kalimantan Barat 6 kloter sebanyak 2.611 jamaah calon haji, Jambi 7 kloter sebanyak 3.071 jamaah calon haji, dan petugas kloter haji sebanyak 139 orang.

"Jenis pesawat yang digunakan dalam dari Batam ke Madinah atau Jeddah adalah Saudi Airlines Boeing 747 dengan kapasitas 465 seat," ujar dia.

Ia menyampaikan dengan adanya koordinasi, kolaborasi serta kesiapan seluruh pihak diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap proses pelaksanaan pemberangkatan maupun kepulangan jamaah haji.

Menurut Pikri, faktor kesehatan bagi para petugas juga harus diperhatikan karena jadwal penerbangannya cukup padat dan membutuhkan tenaga ekstra dalam melakukan pelayanan penerbangan angkutan udara jamaah calon haji.

Baca juga: Garuda Indonesia siapkan 14 pesawat angkut jamaah haji 2024
Baca juga: Menag imbau calon jamaah haji siapkan kebugaran fisik
Baca juga: 437 PPIH diberangkatkan ke Arab Saudi untuk persiapan sambut jamaah

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024