Ada ratusan kepala keluarga yang kami evakuasi dari kepungan banjir ke tempat yang aman
Baturaja (ANTARA) - Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan mengevakuasi ratusan korban banjir di empat kecamatan meliputi Kecamatan Baturaja Timur, Baturaja Barat, Lubuk Batang, dan Peninjauan.

Kepala BPBD OKU Januar Efendi di Baturaja Rabu mengatakan, bencana banjir akibat curah hujan tinggi sejak beberapa hari terakhir terus meluas hingga merendam lebih dari 1.500 rumah warga di wilayah itu.

Dia menjelaskan, di hari sebelumnya banjir hanya merendam rumah penduduk di dua kecamatan meliputi Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat.

Akibat hujan yang tak kunjung berhenti sejak tadi malam, katanya, banjir semakin meluas hingga merambah ke Kecamatan Lubuk Batang dan Peninjauan.

"Seperti di Desa Kepayang, Lubuk Batang Lama, Belatung, Belimbing, Gunung Meraksa, dan desa-desa lainnya di Kecamatan Lubuk Batang kini terdampak banjir," katanya.

Kemudian untuk banjir di Kecamatan Peninjauan, selain merendam rumah warga juga menutup akses jalan utama di wilayah itu.

"Untuk korban jiwa tidak ada. Namun ribuan rumah warga OKU terdampak banjir. Saat ini kami masih mendata jumlah korban," katanya.

BPBD OKU menerjunkan personel ke seluruh titik lokasi bencana alam untuk membantu mengevakuasi korban dari kepungan banjir.

Dalam proses evakuasi pihaknya menerjunkan puluhan personel dan perahu karet untuk mengangkut warga ke tempat yang aman.

"Ada ratusan kepala keluarga yang kami evakuasi dari kepungan banjir ke tempat yang aman," katanya.

Januar juga mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana banjir susulan yang lebih besar supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

"Untuk sementara waktu warga yang terdampak disarankan mengungsi ke rumah keluarga yang lebih aman hingga banjir surut," katanya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024