Jakarta (ANTARA) - Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Irjen Kementan) Setyo Budiyanto memastikan bantuan alat dan mesin pertanian dari pemerintah kepada para petani di wilayah Jawa Barat, dapat dioptimalkan dengan baik dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

“Kami akan mengoptimalkan pemberian bantuan alat dan mesin pertanian dari Kementan kepada para petani khususnya di wilayah Jawa Barat,” kata Setyo dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Selain itu, dia memastikan distribusi pupuk subsidi kepada para petani di daerah tersebut juga bisa tepat sasaran.

Menurut Setyo penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian kepada petani menjadi tahap awal karena masih ada beberapa hal yang perlu dikerjakan guna meningkatkan produktivitas pertanian, seperti mengecek dan penempatan pompa air, hingga persiapan masa tanam.

"Kemudian memastikan distribusi pupuk tepat sasaran, mengecek luas lahan dan terakhir saat panen nantinya tidak ada kendala dan sesuai target, sehingga antara biaya yang dikeluarkan relevan dengan hasil yang dicapai," ujar Setyo.

Setyo mengaku telah mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam Apel Siaga Alsintan di Makodam III Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, dikutip Rabu (8/5).

Selanjutnya Setyo selaku penanggungjawab Satgas Antisipasi Darurat Pangan tersebut juga membahas soal upaya mitigasi dan risiko di lapangan. Menurutnya setiap kendala penyelesaiannya harus melihat kondisi yang ada di lapangan.

"Mitigasi pastinya sesuai tahapan dan belajar dari pengalaman permasalahan-permasalahan sebelumnya. Para pegawai yang diberikan tanggungjawab sesuai wilayah kabupaten/kota mau duduk bareng dengan petani, penyuluh, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, saya yakin semua masalah akan ada solusinya," ucap Setyo.

Baca juga: Mentan siap bangun klaster pertanian modern libatkan anak muda Bandung

Lebih lanjut Irjen Kementan ini mengaku senang dengan respons para petani yang menerima bantuan. Selain itu juga adanya keterlibatan TNI-Polri guna memastikan kegiatan dapat berjalan dengan baik.

"Petani sangat berharap bahwa pemerintah hadir membantu kegiatan mereka dengan ketersediaan alat, benih dan pupuk. Faktor lain yang mendukung adalah keterlibatan TNI Polri sehingga diharapkan ketersediaan beras nantinya tercukupi yang akan berpengaruh pada semua aktivitas masyarakat berjalan dengan baik," tuturnya.

Kementan menyalurkan bantuan sarana dan prasarana pertanian senilai Rp324,6 miliar di Provinsi Jawa Barat, untuk menunjang optimalisasi program pompanisasi dalam meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut di tengah dampak fenomena El Nino.  

Baca juga: Kementan salurkan bantuan sarana pertanian Rp324,6 miliar di Jabar

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024