Jakarta (ANTARA/JACX) – Beredar pesan berantai yang menarasikan Pulau Tagulandang yang terletak dibagian utara Propinsi Sulawesi Utara akan tenggelam karena erupsi Gunung Ruang.

Diketahui, Gunung Ruang kembali erupsi pada Selasa 16 April dan 30 April lalu dengan mengeluarkan hujan batu dan awan panas.

Namun, benarkah Pulau Tagulandang akan tenggelam karena erupsi Gunung Ruang?

Penjelasan:

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membantah informasi yang menyatakan bahwa Pulau Tagulandang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara akan tenggelam akibat erupsi Gunung Ruang.

Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dilansir dari ANTARA mengatakan bahwa informasi yang memuat narasi akan tenggelamnya Pulau Tagulandang mencuat menjadi konsumsi publik seiring terjadi rentetan erupsi Gunung Ruang pada 17 April dan 30 April 2024.

Badan Geologi menegaskan bahwa informasi itu tidak benar atau bohong dan telah meresahkan masyarakat, khususnya penduduk di Pulau Tagulandang yang saat ini sedang menghadapi dampak bencana.

Wafid juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dengan tidak termakan oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan seperti itu.

Klaim: Pulau Tagulandang akan tenggelam karena erupsi Gunung Ruang

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video erupsi Gunung Merapi pada 18 April

Cek fakta: Hoaks! Erupsi Gunung Semeru telan banyak korban jiwa pada pertengahan April

Baca juga: PLN berhasil pulihkan aliran listrik usai erupsi Gunung Ruang

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024