Ke depan ada pembatasan usia kendaraan dan memperluas kawasan rendah emisi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI terus melakukan upaya penanggulangan polusi dengan terus menggencarkan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi dan memperluas kawasan rendah emisi.
 
"Ke depan ada pembatasan usia kendaraan dan memperluas kawasan rendah emisi," kata  Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Rabu.
 
Syafrin menyampaikan hal tersebut di sela-sela diskusi grup terpusat (focus group discussion/FGD) bertajuk Pengembangan Kebijakan Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas (MKLL) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.
 
Dia berharap dalam diskusi ini bisa mewujudkan pengendalian lalu lintas di Jakarta yang lebih efektif mulai dari pengelolaan parkir hingga kawasan rendah emisi. Diharapkan warga bisa beralih menggunakan transportasi publik.
 
Kemudian, pihaknya juga mengupayakan bisa mengimplementasikan UU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ), yakni pemerintah daerah diberi kewenangan untuk melakukan pembatasan kepemilikan kendaraan.
 
"Upaya kita mengimplementasikan pasal yang sudah ditetapkan khususnya terkait dengan pembatasan usia dan kepemilikan kendaraan pribadi," ujarnya.
 
Dari diskusi tersebut, pihaknya berharap mendapat masukan komprehensif dari berbagai pihak termasuk pemerintah pusat yang juga ikut terlibat.
 
Nantinya masukan ini akan dikumpulkan dan dirumuskan dalam draf regulasi berbentuk peraturan daerah atau turunan yang sebagaimana tertuang dalam UU DKJ.

Diskusi ini diikuti puluhan peserta dari unsur asosiasi pengusaha transportasi, pengelola parkir, akademisi, pengelola pusat perbelanjaan, lembaga swadaya masyarakat dan perwakilan pemerintah pusat.
 
Senada, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Taufik Zoelkifli mengatakan kebijakan pembatasan kendaraan tersebut diperlukan Peraturan Daerah (Perda) sebagai turunan UU DKJ.
 
Menurutnya, langkah terpenting yakni menggelar sebuah rapat untuk mendengarkan pendapat yang menghadirkan seluruh pihak terkait dan warga terdampak demi mendapat hasil yang sepakat.
 
"Akan ada rapat dengar pendapat dengan semua pihak, jadi baik pengguna asosiasi mobil atau otomotif, pemerintah, swasta dan masyarakat,” ujar Taufik.
Baca juga: Legislator dukung pembatasan kendaraan untuk atasi polusi udara
Baca juga: Musim kemarau di Jakarta, praktisi anjurkan beberapa langkah kesehatan
Baca juga: Jakarta fokus pembangunan lingkungan hidup

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024