Beijing (ANTARA) - China sangat mementingkan peningkatan pengalaman pasien saat menerima perawatan medis, dan telah mengambil berbagai langkah terkait kepentingan tersebut, kata seorang pejabat kesehatan pada Selasa (7/5). Langkah-langkah itu termasuk peningkatan prosedur janji temu medis untuk mempersingkat waktu tunggu pasien, tutur Xing Ruoqi, wakil kepala departemen administrasi medis di Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), saat konferensi pers. Selain itu, rumah sakit juga didorong untuk menyediakan lebih banyak layanan perawatan multidisipliner guna memenuhi kebutuhan pasien yang beragam, lanjut Xing.

Dia menambahkan bahwa, hingga saat ini, layanan multidisipliner tersebut telah tersedia di lebih dari 2.400 rumah sakit di seluruh China.

Rumah sakit juga memanfaatkan lebih banyak teknologi baru untuk menopang pekerjaan-pekerjaan terkait, imbuh Xing.

Di samping itu, NHC telah meluncurkan sebuah program pada tahun lalu untuk meningkatkan layanan perawatan dan keperawatan agar dapat melayani kebutuhan klinis dan pasien dengan lebih baik, ungkap Xing.

Hingga saat ini, lebih dari 3.000 institusi medis telah menyediakan layanan-layanan terkait di rumah pasien, kata Xing.

Dia menambahkan bahwa daerah-daerah seperti Beijing, Shandong, dan Jiangsu juga telah melakukan reformasi dan melibatkan lebih banyak sumber daya dari masyarakat guna memberikan layanan keperawatan bagi kalangan lanjut usia (lansia).

NHC juga sedang menyusun rencana untuk meningkatkan kualitas staf dan melatih perawat, ujar Xing.  

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024