Paris (ANTARA) - Ada momen unik yang tersisa tatkala Presiden China Xi Jinping dan Presiden Prancis Emmanuel Macron salng bertemu dalam sebuah kunjungan kenegaraan Xi Jinping ke Paris, Prancis, belum lama ini.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, bersama dengan pasangannya masing-masing, saling bertukar hadiah sebelum kedua kepala negara menggelar pembicaraan pada Senin (6/5) di Istana Elysee, kantor sekaligus kediaman presiden Prancis.

Di antara hadiah-hadiah tersebut, tiga obor Olimpiade sangat menarik perhatian, yang bersanding di atas meja marmer berwarna krem di Ruang Potret yang terang di Istana Elysee.

Xi memberikan obor Olimpiade dari Olimpiade Musim Panas Beijing 2008 dan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 kepada Macron.

Sebagai imbalannya, Macron menghadiahkan obor Olimpiade untuk Olimpiade Paris yang akan datang. Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas ke-33 pada Juli hingga Agustus 2024 mendatang.

Prancis merupakan salah satu kekuatan olahraga dan China akan mengirim kontingen tingkat tinggi ke Prancis untuk berpartisipasi dalam Olimpiade itu, Xi menuturkan.

Pada hari yang sama, saat jumpa pers bersama dengan Macron, Xi sekali lagi menyatakan dukungan China kepada Prancis untuk menyukseskan Olimpiade Paris.

Xi juga menegaskan bahwa sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan negara besar yang bertanggung jawab, China bersedia untuk meluncurkan inisiatif dengan Prancis yang menyerukan gencatan senjata di seluruh dunia selama gelaran Olimpiade.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024