Dengan terhubung secara penuh, tol ini mempersingkat waktu tempuh dari arah Medan menuju Kisaran yang semula 5 jam menjadi hanya 2,5 jam
Jakarta (ANTARA) - Tol Indrapura-Kisaran yang terkoneksi penuh dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari arah Medan menuju Kisaran yang semula 5 jam menjadi hanya 2,5 jam.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan bahwa dengan dioperasikannya seksi II ini, Ruas Indrapura-Kisaran terhubung secara penuh. Dengan demikian, manfaat dari kehadiran ruas ini pun semakin nyata, khususnya terkait kemudahan konektivitas antarkota.

“Dengan terhubung secara penuh, tol ini mempersingkat waktu tempuh dari arah Medan menuju Kisaran yang semula 5 jam menjadi hanya 2,5 jam dan memudahkan pelancong dari arah bandara atau sebaliknya. Sehingga mobilitas masyarakat menjadi semakin tinggi dan membuat perjalanan antarkota menjadi lebih efisien,” ujar Adjib di Jakarta, Kamis.

Dalam waktu dekat dioperasikan Tol Indrapura-Kisaran Seksi II (Lima Puluh-Kisaran) sepanjang 32,15 km, yang merupakan sambungan dari Tol Indrapura-Kisaran Seksi I (Indrapura-Lima Puluh) dan telah dioperasikan sejak 10 November 2023.

Adjib mengatakan bahwa seksi II dari tol ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 29 Februari hingga 31 Maret 2024 dengan hasil Standard Pelayanan Minimal (SPM) telah terpenuhi dan berfungsi dengan baik.

Baca juga: HK: Tol Indrapura-Kisaran dioperasikan fungsional selama mudik Lebaran

Baca juga: Tol Tebing Tinggi--Indrapura akan diterapkan tarif mulai 4 April 2024


Selain itu jalan tol ini telah diuji coba, dengan dioperasikan secara fungsional pada mudik Lebaran 2024 selama lebih dari dua minggu, 3-21 April 2024.

“Antusiasme dari masyarakat yang ingin melintas tinggi, dilihat dari tingginya trafik kendaraan yang melintas selama mudik Lebaran 2024 yang dilalui hampir 100.000 kendaraan dengan nihil kecelakaan,” kata Adjib.

Selama masa sosialisasi, nantinya Seksi Lima Puluh-Kisaran ini belum dikenakan tarif atau belum berbayar, namun pengguna jalan tol tetap menyiapkan Kartu Uang Elektronik (UE) untuk tapping di gerbang tol dan tetap mengecek kecukupan saldo Kartu UE, karena untuk Seksi Indrapura-Lima Puluh telah ditetapkan tarif.

“Untuk tarif dari Seksi Lima Puluh-Kisaran diperkirakan sekitar 1.338/km-nya dan akan kami informasikan setelah keputusan menteri (Kepmen) tarif jalan tol ini dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujar Adjib.

Baca juga: Pengelola umumkan tarif Tol Tebingtinggi-Indrapura

Baca juga: Tol Indrapura–Kisaran II Seksi Limapuluh–Kisaran tuntas jalani ULF

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024