Proyeksi puncak lalu lintas tertinggi meninggalkan Jabotabek pada Kamis (9/5) ini yaitu sebanyak 186.322 kendaraan atau naik 32,9 persen terhadap lalin normal
Jakarta (ANTARA) - Distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek didominasi ke arah timur dengan sebanyak 808.620 kendaraan diprediksi meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode libur Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024, tepatnya pada H-1 hingga H+3 (Rabu (8/5) hingga Minggu (13/5)).

"Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung). Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 9,8 persen jika dibandingkan lalin normal," ujar Marketing & Communication Department Head/Pgs. Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Faiza Riani di Jakarta, Kamis.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah, Jasa Marga mencatat sebanyak 376.706 kendaraan (46,6 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) dengan mayoritas kendaraan menuju arah Bandung, 245.240 kendaraan (30,3 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 186.674 kendaraan (23,1 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Proyeksi puncak lalu lintas tertinggi meninggalkan Jabotabek terjadi pada Kamis (9/5) ini yaitu sebanyak 186.322 kendaraan atau naik 32,9 persen terhadap lalin normal.

Kesiapan layanan operasi jalan tol dipastikan berjalan dengan optimal, terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk ke arah Puncak dan sekitarnya, serta Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung.

Baca juga: Jasa Marga laporkan kinerja 2023 laba bersih capai Rp6,8 triliun

Baca juga: RUPST Jasa Marga sepakat bagikan dividen Rp274,8 miliar


Dipastikan keberfungsian peralatan tol di gardu serta menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol utama.

Tidak hanya di gerbang tol, potensi terjadinya kepadatan di lajur pun diantisipasi dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas.

"Menjelang libur periode Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024, layanan preservasi/pemeliharaan agar kualitas jalan tol dipastikan terjaga dalam kondisi baik. Tim juga terus siaga untuk menangani potensi gangguan kondisi jalan tol secara cepat dan tepat,” kata Faiza.

Pengguna jalan diimbau untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan juga kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Baca juga: Tol Indrapura-Kisaran yang terkoneksi penuh persingkat waktu tempuh

Baca juga: Menteri PUPR pastikan tol IKN siap difungsionalkan saat HUT RI

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024