Seoul (ANTARA) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengirim pesan ucapan selamat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin atas Hari Kemenangan, atau yang lebih dikenal dengan Vicotry Day, sembari menyatakan dukungan kuat dan solidaritas dengan Moskow.

“Kim menyampaikan ucapan selamat hangat dan salam persahabatan kepada Putin dalam pesan perayaan 79 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman pada Perang Dunia II,” kata Kantor Berita Korea Utara KCNA, Kamis.

Kim memuji Putin atas upaya terdepan untuk mempertahankan kedaulatan Rusia terhadap "tantangan jahat dan ancaman kekuatan musuh" yang tampaknya merujuk pada perang Rusia dengan Ukraina.

“Saya menyatakan dukungan tegas dan solidaritas terhadap tujuan suci Rusia, berharap Anda dan tentara serta rakyat Rusia yang pemberani akan meraih kemenangan baru dalam perjuangan mengalahkan kebijakan hegemonik imperialis,” kata Kim seperti dikutip KCNA.

Pada awal pekan ini, pemimpin Korea Utara itu juga mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Putin karena secara resmi memulai masa jabatan kelima sebagai pemimpin Moskow.

Baca juga: Kim Jong Un ucapkan selamat pada Putin yang terpilih kembali

Putin memulai masa jabatannya yang kelima pada Selasa, memperpanjang masa jabatannya selama 24 tahun hingga enam tahun setelah kemenangan telak dalam pemilu pada Maret.

Korea Utara dan Rusia telah memperdalam kerja sama militer dan memperkuat hubungan bilateral setelah Kim dan Putin mengadakan pertemuan puncak pada September tahun lalu.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan Kim telah mengirim pesan ucapan selamat Hari Kemenangan kepada Putin selama tiga tahun berturut-turut sejak perang Rusia dengan Ukraina dimulai pada 2022.

Padahal sebelumnya Korea Utara hanya melakukannya pada hari peringatan Rusia yang angka akhirnya berakhir pada angka lima atau nol.

“Korea Utara tampaknya berusaha menunjukkan kedekatan dengan Rusia dan menciptakan suasana (untuk mempersiapkan) perjalanan Putin ke Korea Utara,” kata seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korsel, yang tidak mau disebutkan namanya, kepada wartawan.

Sumber : Yonhap

Baca juga: Delegasi Rusia kunjungi Korut di tengah hubungan yang semakin erat

Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024