Medan (ANTARA) - Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara menyiagakan sebanyak 213 personel di sejumlah gereja dalam rangka pengamanan kebaktian Kenaikan Yesus Kristus.

"Sebanyak 213 personel pengamanan gereja dikerahkan di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan," ujar Kepala Bagian Operasional Polres Pelabuhan Belawan Kompol Iwan Kurnianto di Medan, Kamis.

Iwan melanjutkan, kegiatan patroli dan pengamanan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama pelaksanaan ibadah dan memberikan rasa aman kepada jemaat yang sedang beribadah.

"Ada gereja yang mendapat pengamanan secara melekat dan ada pula yang dilakukan pengamanan dengan patroli untuk memastikan bahwa ibadah berjalan lancar dan aman tanpa gangguan apapun," kata Iwan.

Dia menambahkan selama pelaksanaan kegiatan ibadah, tidak terjadi gangguan kamtibmas yang signifikan di sekitar wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan terkait perayaan hari Kenaikan Yesus Kristus.

"Kegiatan patroli ini menunjukkan komitmen polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama dalam perayaan hari keagamaan yang penting bagi umat Kristiani," tutur Iwan.

Di tempat terpisah, Satuan Brimob Kepolisian Daerah Sumatera Utara melakukan sterilisasi di sejumlah gereja yang berada di wilayah Kota Medan.

Dalam melakukan kegiatan sterilisasi yang dimulai dari pagi berjalan aman dan lancar. Dari hasil kegiatan tersebut tidak ditemukan benda mencurigai yang membahayakan jamaat.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024