Jayapura (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengapresiasi Papua Nugini (PNG) karena telah membangun hubungan yang kuat dengan Indonesia.

"Sebagai tetangga terdekat di Pasifik, PNG adalah mitra penting bagi Indonesia dalam keterlibatannya dengan saudara-saudaranya di Pasifik," kata Menlu Retno usai melakukan Joint Ministerial Commission (JMC) antara RI – Papua Nugini di Kota Jayapura, Papua, Rabu (8/5).

Menlu menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kepemimpinan Perdana Menteri (PM) Marape dan Menteri Justin Tkatchenko dalam membangun hubungan yang sangat kuat dengan Indonesia.

"Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama dengan Melanesian Spearhead Group (MSG) atau Kelompok Negara-Negara Melanesia dan Pacific Islands Forum atau Forum Negara-Negara Kepulauan Pasifik (PIF) guna memperkuat kapasitas kedua organisasi," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengapresiasi pemerintah PNG atas komitmen teguh mendukung keterlibatan Indonesia dalam MSG dan PIF.

"Untuk mempersiapkan negara-negara Pasifik dalam menghadapi tantangan bersama, kami telah melakukan beberapa komponen termasuk dengan perubahan iklim dan pengelolaan perikanan,” kata Menlu.

Dia menambahkan pihaknya juga telah menandatangani dua perjanjian, yakni tentang kerangka kerja pengembangan dan kerja sama teknis, kemudian terkait pelatihan dan pengembangan kapasitas untuk diplomat.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Papua Nugini menyelenggarakan pertemuan Joint Ministerial Commission (JMC) RI-Papua Nugini pada 8 Mei 2024 di Kota Jayapura, Papua.

Baca juga: Menlu Retno: Renovasi sekolah komitmen RI dukung pembangunan PNG

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2024