Gianyar (ANTARA) - Atlet figure skating andalan Jepang Uno Shoma, peraih tiga medali Olimpiade di cabang olahraga figure skating dan pemilik dua gelar juara dunia World Figure Skating, memutuskan untuk mengakhiri kariernya di usia 25 tahun.

"Saya telah memutuskan untuk pensiun sebagai skater kompetitif. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang mendukung saya sebagai atlet yang menjadi pesaing mereka sampai hari ini," kata Uno Shoma dikutip dari laman resmi Olimpiade, Kamis.

"Saya menekuni figure skating ketika saya berusia lima tahun dan berhasil melanjutkannya selama 21 tahun. Saya benar-benar bersyukur atas karier fantastis yang berhasil saya miliki," ungkap Shoma.

Dengan keputusannya untuk pensiun, Shoma kini menjadi pemain skate tersukses kedua dalam sejarah figure skating Jepang, berada di bawah legenda hidup Hanyu Yuzuru.

Rencananya Uno Shoma akan mengadakan konferensi pers resmi perihal keputusannya untuk pensiun pada Kamis pada waktu setempat.

Pada musim 2022-2023, Shoma telah memenangkan lima gelar termasuk gelar juara dunia World Figure Skating. Selain itu, Shoma menjadi atlet Jepang pertama yang mampu mempertahankan gelar juara dunia World Figure Skating.

Shoma juga telah mempersembahkan medali perak pada Olimpiade musim dingin PyeongChang 2018 dan mengoleksi medali perunggu di Olimpiade musim dingin Beijing 2022.

Baca juga: Api Olimpiade tiba di Pelabuhan Tua Marseille
Baca juga: IOC umumkan Tim Olimpiade Pengungsi untuk Olimpiade Paris 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024