Banyuwangi sendiri dinilai sebagai daerah yang potensi pariwisatanya dioptimalkan dengan baik oleh pemerintah daerah setempat sehingga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak
Banyuwangi (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi segera membuat surat dinas ke Kementerian PUPR mengenai rencana pelaksanaan pembangunan jembatan penyeberangan layang atau sky brigde dari stasiun kereta api ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur.

"Saat ini desain sky bridge sudah selesai, yang merancang Andramatin. Namun pembangunannya ranah Kementerian PUPR, kami akan buatkan nota ke Pak Menteri PUPR untuk mempercepat proses pembangunannya, jadi nanti ada sky bridge juga terminal VVIP," katanya saat kunjungan kerja di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis.

Menteri Budi Karya mengemukakan bahwa tugas utama Kementerian Perhubungan adalah mengkoneksikan potensi-potensi yang ada di tiap wilayah.

Baca juga: Menhub siapkan bantuan pendidikan buat adik korban senioritas STIP

Banyuwangi sendiri dinilai sebagai daerah yang potensi pariwisatanya dioptimalkan dengan baik oleh pemerintah daerah setempat sehingga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Salah satu proyek percepatan infrastruktur adalah rencana pembangunan jembatan layang yang menghubungkan Stasiun Banyuwangi Baru dan Pelabuhan ASDP Ketapang.

Sky bridge tersebut merupakan jembatan penghubung yang akan memudahkan perpindahan wisatawan dari moda transportasi kereta api ke kapal laut.

Budi Karya juga menyatakan siap mendukung kembali pengembangan infrastruktur untuk mengkoneksikan potensi wisata Banyuwangi yang ujungnya bisa meningkatkan perekonomian daerah.

"Kabupaten produktif seperti Banyuwangi ini pasti sering kami kunjungi dan kami pikirkan konektivitas potensi-potensi yang ada," katanya.

Baca juga: Menhub: Pembangunan Dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi kurangi beban Bali

Ia menegaskan bahwa dukungannya kepada Banyuwangi karena mengapresiasi berbagai prestasi yang diraih Banyuwangi di level nasional hingga internasional.

"Saya juga paling sering ke sini, karena apa? Di sini punya daya tarik wisata dan bisa jadi contoh bagi kabupaten atau daerah yang lain," ucap Menhub Budi Karya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mendukung perpanjangan relasi kereta api ke Banyuwangi, yakni rute Banyuwangi-Jakarta pergi pulang, dan nantinya bisa menambah potensi kunjungan wisatawan menuju kabupaten ujung timur Pulau jawa itu.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan terima kasih atas dukungan Kementerian Perhubungan untuk pembangunan jembatan layang antara dari Stasiun KA Banyuwangi Baru dan Pelabuhan ASDP Ketapang.

"Alhamdulillah, saat ini juga sedang direnovasi Stasiun Banyuwangi Kota untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Renovasi stasiun juga menjadi daya tarik bagi wisatawan," ujarnya.

Baca juga: Menhub pastikan putus rantai kekerasan dan percepat pembenahan STIP

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024