Kami sediakan fasilitas berupa sentra ekonomi kreatif untuk UMKM saat Upacara Kemerdekaan RI di IKN
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyediakan tempat khusus sentra ekonomi kreatif untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) saat Upacara Peringatan Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
"Kami sediakan fasilitas berupa sentra ekonomi kreatif untuk UMKM saat Upacara Kemerdekaan RI di IKN," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan resmi yang diterima di Penajam, Kalimantan Timur, Jumat..
 
Tempat khusus atau fasilitas itu dipastikan Menparekraf dapat dimanfaatkan pada Juli atau awal Agustus 2024.
 
Pelaku UMKM yang dilibatkan saat Upacara Kemerdekaan RI itu telah mendapat pembinaan dan pendampingan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).
 
Sekitar 300 hingga 400 pelaku UMKM, jelas dia, bakal terlibat dalam Upacara Kemerdekaan RI pertama di ibu kota negara baru Indonesia itu.
 
"Setelah sentra ekonomi kreatif berdiri, UMKM yang sudah dibina dan didampingi OIKN, bisa berkreasi dan melakukan kegiatan pelatihan, jadi saat pelaksanaan upacara sudah siap," tambahnya.

Baca juga: Kemenparekraf: Perlu komitmen pelaku usaha untuk wisata halal

Baca juga: Kemenparekraf kenalkan program FIFTY untuk kembangkan usaha parekraf
 
Perayaan kenegaraan yang diperkirakan bakal dihadiri sekitar 6.000 lebih peserta dan tamu undangan, lanjut dia, diharapkan berlangsung lancar dan memberi kenangan yang indah.
 
Sesuai tujuan perayaan peringatan Hari Kemerdekaan RI pertama yang digelar di IKN, ibu kota negara masa depan Indonesia itu, dirasakan juga masyarakat luas.
 
Pelaku UMKM dilibatkan dalam upacara bendera pada 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara, menurut dia, sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian.
 
Kemenparekraf juga mempersiapkan fasilitas pariwisata dan perhotelan, selain keterlibatan pelaku UMKM sebelum pelaksanaan Upacara Peribgatan Kemerdekaan Ke-79 RI.
 
Pada awal Agustus 2024, sejumlah hotel yang dibangun di kawasan IKN sudah bisa gunakan untuk pelayanan tamu yang hadir pada acara kenegaraan Indonesia, demikian Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Menparekraf sebut kecelakaan kapal wisata tidak boleh terjadi lagi

Baca juga: Kemenparekraf: Keamanan dan keselamatan perempuan patut diutamakan

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024