Ratusan paket bantuan tersebut merupakan donasi dari berbagai kalangan yang ditampung PMI
Cianjur (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Barat mendistribusikan bantuan logistik untuk 65 kepala keluarga yang mengungsi akibat bencana alam pergerakan tanah di Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung.

Kepala Markas PMI Jabar, Erlan Suherlan di Cianjur, Jumat mengatakan bantuan yang disalurkan berupa kebutuhan keluarga, kebutuhan anak-anak dan sejumlah peralatan lainnya yang dibutuhkan warga selama mengungsi.

"Ratusan paket bantuan diserahkan langsung melalui PMI Cianjur ke lokasi pengungsian pergerakan tanah di Cianjur, bantuan tersebut merupakan donasi dari berbagai kalangan yang ditampung PMI," katanya.

Tidak hanya logistik, tutur dia, pihaknya juga memberikan bantuan bak penampungan air bersih serta pasokan air dari tangki PMI sesuai permintaan untuk kebutuhan relawan dan warga selama Tangap Darurat Bencana yang diberlakukan sejak dua pekan terakhir.

"Kami akan terus memberikan pelayanan kemanusiaan selama TDB berlangsung, termasuk menyiagakan relawan guna membantu petugas gabungan BPBD dan Dinsos Cianjur," katanya.

Kepala Markas PMI Cianjur, Fajar Aciana, mengatakan sebelumnya PMI Cianjur telah mendistribusikan bantuan berupa beras 100 kilogram dan belasan paket kebutuhan keluarga dan 10 ribu liter air bersih ke lokasi pergerakan tanah di Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung.

Bahkan satu hari sebelumnya (Kamis, 9/5) relawan PMI Cianjur melakukan pengasapan atau fogging bersama petugas gabungan di tiga kampung guna mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) setelah seorang warga dibawa ke RSUD Cianjur karena positif demam berdarah.

"Kami juga menepatkan relawan untuk membantu petugas gabungan dalam memberikan pelayanan selama TDB pergerakan tanah di Bojongpicung, mereka juga bertugas di dapur umum untuk melayani masyarakat dan petugas," katanya.

Sedangkan hari ini, tambah dia, sekitar 10 orang relawan memberikan pendampingan trauma healing bagi anak pengungsi agar mereka dapat kembali menjalani hidup normal saat kembali pulang ke rumah.
Baca juga: Petugas lakukan pengasapan di lokasi pergerakan tanah antisipasi DBD
Baca juga: BPBD: Badan Geologi izinkan warga bangun kembali rumah yang ambruk
Baca juga: BPBD: Lokasi pergerakan tanah di Cianjur masih layak ditempati
Baca juga: BPBD Cianjur catat selama TDB pergerakan tanah masih terjadi

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024