Jakarta (ANTARA) - Komando Armada III TNI Angkatan Laut mempersiapkan latihan kesiapsiagaan operasional (LKO) pencarian dan penyelamatan (SAR) di perairan Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada (Kadispen Koarmada) III Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menjelaskan persiapan itu mencakup simulasi skenario taktik (TFG) di Markas Komando Koarmada III, Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (8/5).

Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada III TNI AL Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji saat memimpin kegiatan TFG itu menjelaskan simulasi skenario taktik bertujuan memaparkan skenario latihan sehingga seluruh peserta memahami peran dan tanggung jawabnya saat pelaksanaan Latihan Kesiapsiagaan Operasional SAR di Sorong sekitar pertengahan Mei 2024.

"Latihan TFG ini dimaksudkan untuk mempersiapkan para peserta latihan pada medan latihan yang sebenarnya di daerah perairan Sorong sebagai daerah yang disimulasikan terjadinya kecelakaan laut," kata Danguskamla Koarmada III kepada peserta latihan sebagaimana dikutip dari siaran resmi Dinas Penerangan Koarmada III TNI AL di Jakarta.

Latihan Kesiapsiagaan Operasional SAR di perairan Sorong rencananya diikuti tidak hanya prajurit TNI Angkatan Laut dari beberapa satuan di Koarmada III, tetapi ada juga personel dari Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Papua Barat dan ada juga personel dari Kantor SAR Sorong, BMKG Papua Barat Daya, dan personel dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Sorong.

KPLP merupakan badan yang bernaung di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI.

Dari Koarmada III TNI AL, prajurit yang terlibat latihan yaitu para pengawak kapal perang/kapal patroli, prajurit dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada III, dan prajurit dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada III.

Sumarji melanjutkan TFG, yang merupakan bagian dari persiapan latihan, merupakan tindak lanjut dari perintah Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Hersan. Pangkoarmada III, sebagaimana disampaikan Sumarji, menginstruksikan jajarannya menyiapkan rencana latihan yang matang demi meningkatkan kemantapan komando dan pengendalian operasi, mendukung operasi, dan memantapkan pemahaman atas doktrin, taktik, teknis, dan prosedur.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024