"Saya selaku bakal calon Bupati Kaimana, mengembalikan berkas untuk selanjutnya diverifikasi oleh DPD PDI Perjuangan,"
Manokwari (ANTARA) - Bupati petahana Kaimana Freddy Thie resmi menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon bupati (cabup) Kaimana periode 2024-2029 kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Papua Barat. 

"Saya selaku bakal calon Bupati Kaimana, mengembalikan berkas untuk selanjutnya diverifikasi oleh DPD PDI Perjuangan," kata Freddy Thie seusai mengembalikan berkas pendaftaran di Manokwari, Jumat.

Pihaknya, kata dia, terlebih dahulu melakukan komunikasi politik secara berjenjang dengan PDI Perjuangan sebelum pengembalian berkas pendaftaran bakal calon bupati.

Upaya tersebut bermaksud agar DPC maupun DPD PDI Perjuangan dapat memberikan dukungan berupa surat rekomendasi terhadap dirinya untuk bertarung pada Pilkada 2024.

"Berkas saya sudah lengkap. Mudah-mudahan tim penjaringan bisa memverifikasi dan bisa memberikan amanah kepada saya," ucap Freddy yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Demokrat Papua Barat.

Menurut dia, penyelenggaraan Pilkada 2020 di Kabupaten Kaimana masih menyisakan istilah "merah dan biru" karena hanya dua pasangan calon yang bertarung yaitu dari Partai Demokrat dan PDI Perjuangan.

Oleh sebab itu, ujar dia, perlu upaya rekonsiliasi agar Partai Demokrat bersama PDI Perjuangan semakin kompak, mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam penyelenggaraan Pilkada 2024.

"Sebagai anak yang lahir besar di Kaimana, saya punya tanggung jawab untuk membangun negeri makanya saya mau maju pada periode kedua ini," ucap Freddy.

Selain PDI Perjuangan, Freddy Thie telah melakukan pendaftaran menjadi bakal calon Bupati Kaimana periode 2024-2029 melalui sejumlah partai politik seperti NasDem, PAN, PKB, Hanura, dan PSI.

"Tinggal Partai Golkar yang belum buka pendaftaran. Kalau sudah buka, saya juga akan daftar," ucap dia.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Papua Barat Paulus Talimbekas mengatakan, berkas pendaftaran calon bupati yang sudah diserahkan oleh Freddy Thie akan disampaikan ke tingkat DPP saat rapat kerja nasional.

Setelah itu, internal partai akan melanjutkan dengan tahapan uji kelayakan dan survei terhadap bakal calon kepala daerah yang diusung oleh PDI Perjuangan.

"Berkas yang sudah diterima akan kami laporkan dalam Rakernas PDI Perjuangan tanggal 24-25 Mei 2024. Nanti rekomendasi dikeluarkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri," ujar Paulus.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024