Kami tadi sarankan agar Kota Cirebon bisa memfokuskan sebagai pusat jasa, untuk mengonsolidasi UMKM di (wilayah aglomerasi) Cirebon Raya,
Cirebon (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) menyebutkan Kota Cirebon bisa menjadi salah satu pusat pengembangan UMKM di Jawa Barat, terutama sebagai jalur pertama untuk ekspor produk dari pengusaha mikro dan kecil.

“Kami tadi sarankan agar Kota Cirebon bisa memfokuskan sebagai pusat jasa, untuk mengonsolidasi UMKM di (wilayah aglomerasi) Cirebon Raya,” kata Asisten Deputi Pengembangan dan Kawasan Rantai Pasok Kemenkop-UKM Ali Alkatiri di Cirebon, Jumat.

Ali menjelaskan luas wilayah Kota Cirebon tergolong kecil, sehingga kurang cocok bila dikembangkan sebagai daerah pusat produksi untuk kegiatan industri.

Oleh karenanya, kata dia, kota tersebut dapat mengoptimalkan perannya menjadi agregator yang mengakomodir pelaku UMKM membuka pangsa pasar baru hingga produk mereka dapat dikirim ke luar negeri.

Baca juga: Pemkot Jaktim apresiasi Kadin majukan UMKM

Ia mengatakan peran tersebut sedang direalisasikan melalui Cirebon Extrade Hub, yakni sebuah program yang mendukung aktivitas ekspor produk UMKM dengan memanfaatkan jaringan pekerja migran asal Indonesia.

“Ada satu hal yang menarik tentang ekspor trading hub. Ini menjadi hub logistiknya karena Kota Cirebon ini luasnya kecil, artinya susah untuk menjadi pusat produksi,” ujarnya.

Ali menjamin Kemenkop-UKM mendukung program tersebut serta siap mengawal pelaksanaannya, sehingga bisa memfasilitasi lebih banyak produk UMKM yang diekspor.

Menurut dia, program semacam ini termasuk langkah strategis untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas, baik dari aspek kuantitas produksi maupun peningkatan kualitas barang atau jasa yang dihasilkan.

“Kalau Kota Cirebon ini jadi konsolidator atau agregator dari produk UMKM, maka ini menjadi langkah strategis. Kami sudah koordinasikan dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Mereka siap untuk masuk ke ekosistem ini,” tuturnya.

Ali menekankan pemerintah pusat selalu memprioritaskan untuk memberdayakan pelaku UMKM di daerah, agar bisa mengembangkan bisnis ke level lebih tinggi.

Baca juga: Pemprov Sumut perkuat PLUT KUMKM untuk kembangkan UMKM

Sejumlah program, lanjut dia, sudah banyak digulirkan pemerintah pusat yang salah satunya adalah memudahkan pelaku UMKM untuk mengurus dokumen perizinan seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan lainnya.

“Pemerintah telah memfasilitasi masing-masing pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk berkembang karena kalau kita bicara Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kita, itu sekitar 61 persen disupport oleh UMKM,” ucap dia.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon Iing Daiman menambahkan terdapat empat negara yakni Malaysia, Singapura, Hong Kong,  dan Taiwan yang menjadi target utama pelaksanaan program Cirebon Extrade Hub.

Pihaknya berkomitmen untuk terus mendampingi para pelaku UMKM supaya produk-produk mereka dapat dipasarkan secara masih di luar negeri.

“Kita tidak hanya fokus pada UMKM binaan kami yang jumlahnya lebih dari 2.000 pelaku usaha. Tetapi kami juga ingin membuka ruang seluas-luasnya untuk UMKM lainnya agar bisa mengikuti program ini,” kata dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024