Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Fadil Imran mengecek kesiapan pengamanan kegiatan World Water Forum ke-10 di Bali pada 18 hingga 25 Mei 2024 oleh jajaran kepolisian.

Pengecekan itu dilakukan di sela-sela lawatan kerja ke Bali, Jumat. Kedatangan Kabaharkam diterima langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan dalam keterangannya menyampaikan pengecekan oleh Kabaharkam bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh personel Polri yang terlibat dalam pengamanan agenda internasional World Water Forum ke-10 yang akan digelar di wilayah Nusa Dua, Bali.

Baca juga: 5 kepala negara hadiri World Water Forum dengan penerbangan komersil

Dalam kesempatan itu, kata dia, Kabaharkam yang juga Kepala Operasi (Kaops) Puri Agung 2024 mengecek kesiapan personel Polda Jawa Timur (Jatim) yang juga dikerahkan untuk membantu pengamanan World Water Forum 2024.

“Personel Polda Jatim disiagakan di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Nanti, setelah melaksanakan transit (di Bali), Kabaharkam selanjutnya bertolak menuju Banyuwangi,” kata Jansen.

Menurut dia, pengecekan kesiapan personel dan lokasi yang dilaksanakan oleh Kabaharkam Polri tersebut merupakan hal yang wajib dilaksanakan seorang Kepala Operasi Pengamanan Polri.

Dalam pergelaran pengamanan konferensi World Water Forum ke-10 Polri melaksanakan operasi pengamanan dengan sandi Operasi Puri Agung 2024.

Operasi Puri Agung 2024 melibatkan 5.791 personel gabungan yang terdiri dari BKO (bawah kendali operasi) dari Mabes Polri maupun dari jajaran beberapa polda selain Polda Bali, juga melibatkan Polda Jawa Timur dan Polda Nusantara Tenggara Barat (NTB).

Pengecekan ini rutin dilakukan, sebelumnya tanggal 1 Mei, Kabaharkam Polri memastikan kesiapan lokasi yang dipergunakan untuk ajang World Water Forum ke-10.

Fadil menyampaikan seluruh lokasi yang dipergunakan untuk pertemuan World Water Forum ke-10 sebagian besar telah siap.

“Secara keseluruhan lokasi yang telah ditentukan ini sudah siap dan sebagian besar venue-venue ini sudah pernah berlangsung event-event besar internasional,” kata Fadil, Rabu (1/5).

Baca juga: ITDC sediakan infrastruktur mobil listrik World Water Forum 
Baca juga: Polisi perketat pengawasan pelabuhan jelang World Water Forum
Baca juga: Bandara umumkan penutupan simpang jalan buat World Water Forum


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024