Medan (ANTARA) - Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan menyatakan kesiapan melayani jamaah calon haji (JCH) di tiga embarkasi/debarkasi.

"Kami membawahi tiga embarkasi haji. Jadi kami melayani jamaah di Kualanamu Medan, Batam, dan Aceh," kata Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan Sokhib Al Rokhman di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat.

Ia memastikan kelaikudaraan dan pengoperasian pesawat udara yang ditumpangi puluhan ribu calon haji reguler meliputi enam provinsi di tiga embarkasi/debarkasi.

Baca juga: Pengelola Bandara Soetta pastikan kesiapan layanan penerbangan haji

Tiga embarkasi itu, yakni Embarkasi Batam di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam asal JCH Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat sebanyak 12.437 orang terbagi dalam 28 kelompok tebang (kloter).

Kemudian Embarkasi Medan di Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang asal JCH Sumatera Utara sebanyak 8.624 orang terbagi dalam 25 kloter.

"Terakhir Embarkasi Aceh di Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh Besar sebanyak 4.709 orang terbagi dalam 12 kloter," katanya.

Baca juga: Garuda Indonesia optimalkan kesiapan operasional jelang angkutan haji

Sokhib juga mengatakan bahwa perjalanan haji tahun ini berlangsung dua gelombang, yakni gelombang pertama keberangkatan JCH pada 12-23 Mei 2024 dan gelombang kedua keberangkatan JCH pada 24 Mei-10 Juni 2024.

Untuk gelombang kepulangan pertama pada 23 Juni-3 Juli 2024 serta gelombang kedua pada 4-21 Juli 2024.

Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan memiliki wilayah kerja sebanyak enam bandar udara meliputi Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar, Kualanamu Deli Serdang di Sumatera Utara, Silangit Tapanuli Utara di Sumatera Utara, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru di Riau, Hang Nadim Batam di Kepulauan Riau, dan Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang di Kepulauan Riau.

Baca juga: Bandara Batam siap layani angkutan haji

"Insya Allah, kami akan bekerja mulai tanggal 12 Mei hingga 21 Juli 2024," ujar Sokhib.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024