Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics kembali mendominasi lawannya dengan mengalahkan Cleveland Cavaliers 106-93 dan kembali unggul 2-1 dalam babak semifinal NBA Wilayah Timur yang digelar di Rocket Mortgage Fieldhouse Cleveland Ohio, Minggu.

Celtics tidak main-main lagi setelah mereka kalah sampai 24 poin pada laga kedua di kandangnya sendiri pada Jumat (10/5) lalu, dan langsung membalasnya dengan kemenangan di kandang Cavaliers.

Boston Celtics kembali memainkan bola basket yang membuat mereka menjadi peringkat satu di NBA musim ini dengan tidak memberi ampun kepada Cavs dengan unggul sampai 23 poin dan tak tersentuh hampir di sepanjang pertandingan.

Jayson Tatum mencetak 33 poin, Jaylen Brown menambah 28 poin, Jrue Holiday 18, dan Derrick White 12 poin.

“Kami datang ke Cleveland bukan karena cuaca. Tidak ada yang rumit dalam hal ini, tinggal mainkan pertahanan yang baik dan sisanya akan beres dengan sendirinya. Kami seharusnya bisa melakukannya lebih baik, tapi kami menjaga mereka tetap di bawah 100,” kata Jaylen Brown.

Baca juga: Cavs beri kejutan di Boston, samakan kedudukan 1-1 dengan Celtics
Baca juga: Celtics menang mudah lawan Cavaliers 120-95


Performa loyo Celtics yang kalah sampai lebih dari dua digit poin di laga kedua, mengingatkan pada laga final NBA 2023 di mana mereka kalah tiga gim berturut-turut oleh Miami Heat.

“Laga ini adalah ujian yang hebat, kesempatan bagi kami untuk merespons, serta bermain lebih baik dan lebih keras,” kata Tatum, yang menambahkan. “Ada tujuan di balik setiap permainan. Kami melakukan pekerjaan yang baik dalam mengomunikasikan tindakan kami," katanya lagi.

Tatum mencetak skor melalui permainan tiga angka dan Celtics membuka babak kedua dengan laju 14 poin berturut-turut untuk memimpin 23 angka.

Donovan Mitchell mencetak 33 poin untuk Cleveland, tetapi guard All-Star itu mengalami cedera lutut kiri yang parah pada kuarter keempat dan harus bermain dengan kondisi yang lebih berat. Mitchell meninggalkan lapangan dengan waktu tersisa 1 menit 19 detik dan berjalan langsung ke ruang ganti.

“Itu mengubah permainan. Apresiasi pada mereka, mereka bermain dengan ngotot. Sulit untuk bangkit dari itu. Mereka main dengan niat yang kuat,” kata Mitchell.

Gim keempat akan dilangsungkan di markas Cavs pada Selasa (14/5).

Baca juga: Mavericks ungguli Thunder 2-1 di semifinal Barat
Baca juga: Nuggets bangkit di gim ketiga, kalahkan Timberwolves 117-90

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024