Jakarta (ANTARA) - Manchester City menggusur Arsenal dalam klasemen sementara Liga Premier Inggris 2023/24 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 dalam laga tunda pekan ke-34 di Tottenham Hotspur Stadium pada Rabu dini hari WIB.
 
Erling Haaland memborong dua gol dalam pertandingan ini dan sukses memastikan kemenangan City di kandang Tottenham.
 
Berkat hasil ini, Manchester City menggeser Arsenal dari puncak klasemen dengan torehan 88 poin sekaligus selangkah lagi menjadi juara. The Citizen unggul dua poin dari Arsenal di posisi dua.
 
Sementara itu, Tottenham dapat dipastikan gagal lolos ke Liga Champoins karena tertahan di peringkat lima dengan poin 63. Mereka tertinggal Lima angka dari Aston Villa di peringkat empat dengan menyisakan satu laga pamungkas, demikian yang dikutip dari laman resmi Liga Inggris.
 
Kedua tim membutuhkan tiga poin sehingga laga berjalan sengit sejak kick-off. Namun, City dan Spurs kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan masing-masing.
 
Tuan rumah mengancam lebih dulu. Rodrigo Bentancur melepaskan tembakan di tepi kotak penalti, tetapi bola masih bisa ditepis Ederson Moraes.
 
Pada menit ke-16, Pierre-Emile Hojbjerg melakukan sapuan yang buruk di kotak penalti. Bola kemudian berhasil disambar dengan tembakan Phil Foden, beruntung kiper Spurs Guglielmo Vicario bikin penyelamatan gemilang.
 
Tidak ada gol tercipta dari kedua tim sepanjang babak pertama. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Baca juga: Tottenham Hotspur versus Manchester City, bukan laga biasa
 
Kembali dari kamar ganti, City akhirnya sukses memecah kebuntuan pada menit ke-51. Sebuah umpan silang mendatar Kevin De Bruyne berhasil disontek Haaland untuk menaklukkan Guglielmo Vicario. Skor menjadi 1-0.
 
Pada menit ke-69, pelatih Manchester City Pep Guardiola memutuskan untuk menarik keluar Ederson yang sebelumnya bertabrakan dengan bek Spurs Cristian Romero. Stefan Ortega masuk menggantikan kiper asal Brazil itu.
 
Son Heung-min mendapat peluang emas pada menit ke-85. Penyerang asal Korea Selatan itu tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Ortega, tetapi tendangannya masih bisa diblok oleh kaki kiper pengganti itu.
 
Spurs mencoba sekuat tenaga untuk mengejar ketinggalan di sisa waktu. Namun, mereka justru kemasukan gol kedua.
 
Manchester City mendapatkan hadiah penalti setelah Jeremy Doku diganjar Pedro Porro. Haaland yang maju sebagai eksekutor sukses membawa City memimpin 2-0 di injury time atau menit ke-90.
 
Skor 2-0 untuk kemenangan City menjadi hasil akhir laga ini
 
Susunan Pemain:
Tottenham(4-3-2-1): Guglielmo Vicario; Pedro Porro, Cristian Romero, Radu Dragusin, Micky van de Ven; Rodrigo Bentancur (Dejan Kulusevski 55'), Pierre-Emile Hojbjerg (Oliver Skipp 85'), Pape Matar Sarr (Giovani Lo Celso 85'); Brennan Johnson, Son Heung-min, James Maddison (Mikey Moore 90+3').
 
Manchester City (4-2-3-1): Ederson (Stefan Ortega 69'); Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji, Josko Gvardiol; Mateo Kovacic, Rodri; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne (Jeremy Doku 69'), Phil Foden; Erling Haaland.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool dipastikan finis peringkat tiga

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024