Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Akuatik Indonesia (PB Akuatik Indonesia) sekaligus penggagas Nika Masters, Harlin E. Rahardjo berharap Kejuaraan renang master short course bertajuk 2nd Kalila Nika Master Swimming Championship 2024 mampu sosialisasikan renang ke seluruh kalangan.

Kejuaraan renang masters yang merupakan lomba renang dengan ketentuan diikuti oleh usia 25 tahun hingga 84 tahun tersebut akan berlangsung di Kolam Renang Nika, Bintaro, Jakarta, Minggu (19/05).

"Jadi memang ini adalah satu cara kita untuk mensosialisasikan renang. Kita bahkan akan mencanangkan gerakan ayo berenang, karena memang berenang itu adalah olahraga dasar dan juga olahraga wajib sebenarnya terutama bagi masyarakat Indonesia," ujar Harlin E. Rahardjo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Ajang 2nd Kalila Nika Master Swimming Championship 2024 mengalami peningkatan nyaris dua kali lipat jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya. Pada tahun pertama tercatat 125 peserta dan kini meningkat menjadi 220 peserta. Diantara peserta tersebut juga terdapat peserta yang berasal dari Malaysia dan Singapura.

"Alhamdulillah yang pertama-tama Nika Masters ini bisa berlanjut dan kita memang rencanakan setiap tahun akan ada, jadi ini alhamdulillah udah tahun kedua dan dari jumlah peserta terjadi peningkatan ya dari 135, tahun ini 220 dan juga pesertanya ada beberapa dari luar negeri, ada dari Singapura dan dari Malaysia," ujar Harlin E. Rahardjo.

Baca juga: Peserta 2nd Kalilia Nika Master Swimming Championship meningkat tajam

Harlin mengungkapkan ke depannya tidak menutup kemungkinan Akuatik Indonesia akan menjadikan olahraga renang masters ini menjadi salah satu cabang prestasi. Menurut Harlin dengan terbukanya peluang tersebut juga akan menambah kekuatan Indonesia dalam berdiplomasi baik di World Aquatic maupun Asia Aquatic.

"Jadi memang kita sejak 2017 aktif ikut kejuaraan dunia, juga kejuaraan Asia juga. Kita harapkan nanti selain untuk rekreasi ada juga prestasi. Ini bagusnya kenapa? Karena itu membawa nama Indonesia juga, walaupun klub-klub Indonesia," ujar Harlin.

"Nah kalau Indonesia makin dikenal, bagus untuk diplomasi. Jadi kita makin dikenal oleh World Aquatic, oleh Asia Aquatic, dan juga oleh federasi-federasi dari negara-negara, terutama negara maju," tambahnya.

Selain renang, dalam kejuaraan ini juga ada ekshibisi renang artistik dan juga aquarobic yakni senam aerobik di dalam air untuk membangun kardio, kekuatan dan ketahanan sendi yang dipandu Gadiza Volare.

Baca juga: Akuatik Indonesia rencanakan road map akuatik menuju prestasi dunia

Jadwal dan nomor yang dipertandingkan dalam 2nd Kalila Nika Master Swimming Championship:

Sesi Pagi pukul 08.00-12.00 WIB
- 200 meter gaya bebas
- 50 meter gaya dada
- 25 meter gaya punggung
- 4x25 meter mixed relay
- 50 meter gaya bebas
- 25 meter gaya kupu
- 25 meter kickboard
- 4x25 meter mixed

Istirahat 12.00 - 13.10 WIB

Sesi Siang, Pukul 13.30-17.30 WIB
- 100 meter IM
- 50 meter gaya punggung
- 25 meter gaya dada
- 4x25 meter mixed
- 50 meter gaya kupu
- 25 meter gaya bebas
- 4x25 meter bebas

Acara selingan
12.15 - 12.30 aquarobics bersama Ms. Yaye & Ms Zsizsi
12.30 - 13.00 eksibisi renang artistik atlet nasional & DKI
13.00-13.30 eksibisi renang

Baca juga: Ratusan peserta ikuti BTN Dash Aquathlon 2024 di Kompleks GBK

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024