Cilegon (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin, dijadwalkan meresmikan pabrik baja terpadu Krakatau Posco di Cilegon, Banten.

PT Krakatau Posco merupakan perusahaan patungan yang 70 persen sahamnya dimiliki Posco dan 30 persen PT Krakatau Steel dan yang menjadi proyek investasi terbesar di Indonesia dengan total 6 miliar dolar AS.

Proyek ini terdiri dari enam pabrik utama yaitu Sinter Plant, Coke Plant, Blast Furnance, Steel Making Plant, Continuous Casting Plant dan Plate Mill yang terbagi dalam dua tahap.

Tahap Pertama akan memiliki kapasitas produksi sebesar 3 juta ton produksi per tahun dan saat investasi kedua selesai akan mampu memproduksi 6 juta baja per tahun.

Berdasarkan data dari LPEM Universitas Indonesia pada 2010, dampak ekonomi investasi tahap I untuk area Cilegon, investasi ini akan memberikan nilai output sebesar 4,7 miliar dolar AS per tahun dan menyerap 63.000 tenaga kerja.

Untuk tingkat nasional akan memberikan nilai output sebesar 7 miliar dolar AS dengan penyerapan tenaga kerja 149.000 orang.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013