memberikan kemudahan bagi KDEI Taipei dalam melimpahkan PNBP ke rekening kas negara secara real-time online melalui Modul Penerimaan Negara atau MPN Simponi
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memberikan kemudahan layanan bagi Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei dalam melakukan pelimpahan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk disetorkan langsung ke kas negara Republik Indonesia.

Kemudahan layanan tersebut sebagai perwujudan kerja sama yang dijalin antara BRI, melalui Kantor Cabang Luar Negeri Taipei, bersama KDEI Taipei. Adapun penandatanganan kerja sama kedua belah pihak telah dilakukan pada Kamis (16/5).

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat, Direktur Wholesale and Institutional Banking BRI Agus Noorsanto mengatakan bahwa BRI, sebagai Bank BUMN, memiliki kewajiban untuk memberikan layanan dan dukungan bagi KDEI Taipei untuk pelayanan kepada WNI yang tinggal di Taiwan.

"Untuk itu pada hari ini kami hadir dalam rangka memberikan kemudahan bagi KDEI Taipei dalam melimpahkan PNBP ke rekening kas negara secara real-time online melalui Modul Penerimaan Negara atau MPN Simponi," kata Agus.

KDEI Taipei, sebagai perwakilan pemerintah Republik Indonesia di Taiwan, berkewajiban untuk menjalankan fungsi pelayanan konsuler dan keimigrasian untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Taiwan.

Layanan konsuler dan imigrasi yang diberikan antara lain legalisir berbagai dokumen, pelayanan penerbitan passport, hingga Surat Perjalanan Laksana Passport (SPLP). Atas pelayanan tersebut, KDEI Taipei mengenakan biaya sesuai ketentuan sebagai bagian dari PNBP yang dipungut oleh negara.

Adapun BRI Taipei Branch, yang diresmikan pada tahun 2021, merupakan unit kerja luar negeri keenam setelah BRI New York Agency (BRINYA), BRI Cayman Island Branch (BRICIB), BRI Hong Kong Representative Office (BRI HKRO), BRI Singapore Branch (BRISG), dan BRI Timor Leste Branch (BRITL).

BRI Taipei Branch akan menjalankan bisnis dengan izin operasional sebagai full retail foreign bank branch office license di Taiwan. Dengan lisensi tersebut, BRI Taipei Branch dapat memberikan pelayanan simpanan, pinjaman, remitansi, trade finance, dan treasury kepada nasabah di Taiwan.

Perseroan menyampaikan, target utama dari bisnis BRI Taipei Branch akan menyasar pada diaspora Indonesia yang berada di Taiwan, Indonesian trade related business, hingga investor yang berminat untuk membuka bisnis di Indonesia.

Bagi perseroan, kehadiran BRI di Taipei diharapkan akan mampu menjembatani investor dari Taiwan ke Indonesia. Apalagi, menurut perseroan, Indonesia dilirik oleh calon-calon investor dari Taiwan yang ingin melakukan investasi ke Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam beberapa tahun terakhir.

Oleh sebab itu, Agus mengatakan pihaknya berharap dapat terus bekerja sama dengan KDEI Taipei terutama dalam membawa investasi masuk ke Indonesia. Perseroan merencanakan BRI Taipei sekaligus dapat menjadi gerbang investasi dari Taiwan ke Indonesia yang dapat membantu para investor untuk berinvestasi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Apalagi di Indonesia, kami telah memiliki Unit Foreign Direct Investment yang dapat secara khusus mendampingi para calon investor untuk membuka bisnisnya di Tanah Air," kata Agus.

Baca juga: BRI: Portofolio pembiayaan berkelanjutan Q1-2024 capai Rp787,9 triliun
Baca juga: KDEI Taipei: Taiwan investasi di Indonesia senilai Rp15 triliun
Baca juga: KDEI Taipei cetak Rp219 juta lewat produk kerajinan tangan

 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024