Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (17/5) menjadi sorotan, mulai dari Partai Golkar resmi usung Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024 hingga KSP bantah Presiden Jokowi sibukkan diri tak diundang Rakernas PDIP.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Partai Golkar resmi usung Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024

Partai Golkar secara resmi mengusung mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dalam Pilkada Jatim 2024.

"Tadi dalam pertemuan silaturahim sekaligus dari badan pemenangan dari kemenangan Pemilu Partai Golkar, kami sudah mengeluarkan surat keputusan untuk mengusung Khofifah dan Emil sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


2. Partai Golkar sebut peluang Raffi Ahmad maju Pilkada Jakarta

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan pesohor Raffi Ahmad memiliki peluang untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Provinsi DKI Jakarta tahun 2024.

"Raffi Ahmad itu bisa on the way ke Jawa Tengah, bisa on the way ke Jakarta," kata Airlangga saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (17/5) malam.

Walaupun demikian, Airlangga berkelakar bahwa penempatan Raffi Ahmad akan bergantung acara yang dipandunya.

Baca selengkapnya di sini


3. Ngabalin: Presiden punya kebutuhan tunjuk Grace dan Juri jadi stafsus

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mempunyai kebutuhan terkait dengan penunjukan Grace Natalie dan Juri Ardiantoro sebagai staf khusus (stafsus).

"Tentu saja kalau Presiden mengambil satu keputusan itu akan memberikan dampak yang terpenting bagi tugas-tugas kerja Presiden. Apalagi, namanya saja staf khusus, jadi mari kita sambut ini sebagai satu keputusan Presiden yang luar biasa sangat penting di sisa masa tugasnya," ujar Ngabalin di Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kapasitasnya kedua tidak perlu diragukan lagi di dunia perpolitikan. Diketahui bahwa Grace merupakan Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), sedangkan Juri adalah mantan Deputi Kepala Staf Kepresidenan.

Baca selengkapnya di sini


4. Pengamat: Prabowo terima Zayed Medal karena ketulusan hati

Pengamat hubungan internasional (HI) Teuku Rezasyah menilai Prabowo Subianto memiliki ketulusan hati yang besar sehingga mendapatkan penganugerahan Zayed Medal dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syekh Mohammad bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

"Orang Arab melihat sesuatu dari praktik dan dari hati. Mereka juga bisa melihat rona wajah ketulusan. Mereka bisa melihat ada ketulusan dari Pak Prabowo untuk datang kepada mereka, dan untuk itu sekaligus juga beliau membawa Pak Gibran," kata Teuku Rezasyah dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini


5. KSP bantah Presiden Jokowi sibukkan diri tak diundang Rakernas PDIP

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membantah Presiden RI Joko Widodo menyibukkan diri sehingga menjadi alasan tidak diundang dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan.

Ngabalin mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo memang memiliki jadwal "seabrek", termasuk kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

"Kalau tahu ada yang cegat saya, saya bisa ambil jadwal Presiden biar bisa dilihat itu seabrek-abrek tuh jadwal, termasuk tadi juga dari Sulawesi Selatan, Pontianak, dan Aceh," kata Ngabalin saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024