Kotabaru, 2/5/1951 (ANTARA) - Tugas Pemerintah R.I. di Irian Barat ialah untuk membebaskan rakjat Irian Barat dari kemelaratan dan kegelapan jang diwariskan oleh kolonialisme, sehingga mereka mentjapai taraf perkembangan jang sama dengan saudara2nja dibagian2 Indonesia lainnja.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wampa/Menlu Dr.Subandrio tatkala atas nama Presiden R.I. melantik E.J. Bonay sebagai Gubernur Irian Barat pada hari Rabu di Gedung Negara (Kotabaru).

Pada upatjara jang mengharukan jang dilangsungkan dalam gedung jang dulunja mendjadi kediaman Gubernur Belanda dan Kepala Untea Djalal Abdoh, E.J. Bonay dengan chidmat menjatakan djandjinja untuk menunaikan tugas jang dipikulkan diatas bahunja.

Dikatakannja, bahwa ia akan mendjalankan kewadjibannja untuk membangun wilajah ini, baik dibidang materiil maupun spiritual, sehingga wilajah ini mentjapai perkembangan setaraf dengan wilajah Indonesia lainnja, dan kepada seluruh rakjat Irian Barat dan segenap alat negara diserukan agar memberi bantuan guna menjelesaikan pekerdjaan jang mulia ini.

Sumber: Pusat Data dan Layanan Informasi ANTARA

Baca juga: Utjapan selamat Pemerintah AS dan US kepada Indonesia
Baca juga: Mengenang kembali sejarah pembebasan Irian Barat 58 tahun yang lalu

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024