Hong Kong (ANTARA) - Ekonomi Hong Kong mengalami peningkatan dengan situasi keuangan yang stabil, prospek pasar yang positif, dan pasar saham yang optimistis.

Pencapaian itu diungkapkan Sekretaris Keuangan Pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong Paul Chan pada Minggu (19/5).

Sentimen pasar global meningkat baru-baru ini, dengan indeks acuan Hang Seng Index melampaui 19.000 poin ke level tertinggi dalam sembilan bulan, kata Chan dalam blognya.

Turnover pasar juga meningkat secara signifikan, ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa transaksi pasar properti meningkat dan harga rumah menjadi stabil setelah mengalami penurunan berturut-turut selama 10 bulan.

Peningkatan itu, menurut dia, menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah untuk mencabut pembatasan properti mulai berdampak.
 
  Chan mengutip rating terbaru Standard & Poor's (S&P) untuk Hong Kong, yang menunjukkan prospek stabil untuk kota tersebut di tengah pemulihan ekonomi yang stabil, pasar properti yang stabil, dan tren situasi fiskal yang lebih seimbang


Meskipun berbagai sektor masih mencatat pemulihan yang tidak seimbang, Chan mengatakan pemerintah SAR Hong Kong akan menciptakan kondisi yang lebih menguntungkan untuk meningkatkan konsumsi dan mengolah pendorong pertumbuhan baru. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024