Jakarta (ANTARA) - Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta memberikan atensi khusus kepada Kecamatan Tanah Abang agar memperbaiki tata kelola dan meningkatkan perannya dalam memberikan pelayanan informasi.
 
Menurut Komisioner KI DKI Jakarta Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Agus Wijayanto Nugroho saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, atensi tersebut terkait dengan rekomendasi monev elektronik (E-Monev) 2023.
 
"Kami hadir untuk memberikan atensi khusus, dari rekomendasi hasil E-Monev 2023 terdapat catatan dan 'check list' indikator yang perlu ditingkatkan," katanya.
 
Visitasi tersebut bertujuan y mengonfirmasi beberapa indikator dan rekomendasi yang perlu ditingkatkan semua badan publik. "Sehingga ketika proses E-Monev 2024 tiba, jajaran Kecamatan Tanah Abang akan lebih siap untuk mengikuti rangkaian kegiatan E-Monev," katanya.

Baca juga: KI DKI gencarkan kunjungan ke badan publik untuk tingkatkan layanan
 
Agus juga mengutarakan visitasi ke Kecamatan Tanah Abang merupakan wujud tanggung jawab secara khusus karena berdekatan di lokasi yang sama dengan KI DKI Jakarta.
 
Selain itu, Agus berharap, Kecamatan Tanah Abang dapat meningkatkan kategorinya dari kurang informatif bisa meningkat menuju informatif atau cukup informatif.
 
"Visitasi ini terasa khusus bagi Komisi Informasi DKI Jakarta, selain lokasi berdekatan dengan Kantor KI Jakarta. Hal ini bentuk tanggung jawab dimana Kecamatan Tanah Abang juga masih berada di kategori kurang informatif," ujar Agus.
 
Agus menjelaskan, target KI DKI di tahun 2024, semua badan publik mendapatkan kategori yang meningkat. Misalnya, Kecamatan Tanah Abang dari kurang informatif bisa melaju satu tingkat menuju informatif.
 
"Sehingga jika terdapat kenaikan badan publik informatif, hal ini menjadi wujud tanggung jawab Komisi Informasi dalam memberikan 'report' atau pelaporan dengan akuntabel," katanya.

Baca juga: KI DKI harapkan TransJakarta jadi Badan Publik Informatif
 
Adapun tahun 2023, terdapat 33 Badan Publik Informatif. Agus memastikan, fokus KI DKI saat ini khusus bagi kategori menuju dan cukup informatif agar terus dilakukan visitasi.
 
Camat Tanah Abang Dicky Suherlan menyebutkan, visitasi dari KI DKI ini sebagai pelecut semangat untuk meningkatkan komitmen bersama jajaran Kelurahan Tanah Abang.
 
Dalam pelaksanaannya, kata Dicky, melalui visitasi ini lebih mendapatkan pencerahan dan arahan untuk jajarannya dalam meningkatkan pelayanan informasi.

Baca juga: KI dan Bawaslu DKI sepakati transparansi pelaksanaan Pilkada 2024
 
Dia mengatakan bahwa satu awalan yang baik untuk memicu dan memotivasi sehingga diharapkan mengenai keterbukaan informasi publik ini baik kecamatan dan kelurahan semuanya baik.

"Di sini kami mengundang kelurahan di Tanah Abang untuk menyamakan persepsi dan pemahaman keterbukaan informasi publik," kata Dicky.
 
KI DKI Jakarta berkomitmen menggencarkan kunjungan ke badan-badan publik untuk memperbaiki tata kelola dan meningkatkan perannya dalam memberikan pelayanan informasi.
 
Tak hanya sekedar kunjungan (visitasi), pihaknya juga ada bimbingan teknis untuk memberikan pemahaman terkait UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sekaligus sosialisasi penerapannya.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024