Hulu Sungai Utara, Kalsel (ANTARA) - Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) dari Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) meninjau pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 di Desa Sungai Karias Kecamatan Amuntai Tengah dan Desa Karias Dalam Kecamatan Banjang, di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan.

“Kunjungan ini untuk mengukur kinerja Satgas TMMD di wilayah, mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, serta memastikan seluruh program dapat selesai 100 persen dengan tepat waktu,” kata Wakil Asisten Teritorial Kasad Bidang Perlawanan Wilayah dan Kerjasama Teritorial Mabesad Brigjen TNI Heri Susanto selaku Ketua Tim Wasev TMMD Ke-120, saat meninjau pelaksanaan TMMD yang berlangsung di Desa Karias Dalam, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Selasa.

Heri Susanto didampingi Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan, Sekda HSU Adi Lesmana, serta unsur Forkopimda meninjau sejumlah sarana dan prasarana yang dibangun Satgas TMMD itu, di antaranya pembangunan pos pelayanan terpadu, perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), dan perbaikan akses jalan

Selain itu, juga perbaikan gudang benih, fasilitas air bersih dan pembangunan MCK, pembangunan sumur bor di wilayah kekeringan, dan penyebaran bibit ikan di area lahan pertanian.

“Saya menilai seluruh program TMMD Kodim 1001/HSU-BLG, baik sasaran fisik maupun non fisik berjalan dengan baik dan hampir mencapai 100 persen. Ada kolaborasi seluruh unsur, baik dari pemerintah daerah, TNI, Polri, dan masyarakat desa,” ujarnya.
 
Wakil Asisten Teritorial Kasad Bidang Perlawanan Wilayah dan Kerjasama Teritorial Mabesad Brigjen TNI Heri Susanto (tengah) didampingi Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan dan Sekretaris Daerah Kabupaten HSU Adi Lesmana melepaskan bibit ikan ke kolam lahan pertanian saat meninjau pelaksanaan TMMD di Desa Karias Dalam, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, Selasa (21/5/2024). ANTARA/Tumpal Andani Aritonang.


Selain itu, Tim Wasev Mabesad meninjau sejumlah program sasaran non fisik mulai dari pelayanan kesehatan, edukasi dan sosialisasi yang berkaitan dengan peningkatan wawasan dan pengetahuan masyarakat desa, hingga pembagian bahan pokok kepada masyarakat yang membutuhkan.

Heri juga mengapresiasi kawasan pertanian yang akan dijadikan agrowisata oleh pemerintah desa dengan perpaduan pertanian tanaman padi dan tanaman hortikultura dalam satu area.

Menurut dia, masyarakat sangat antusias karena memberikan dukungan penuh dengan cara ikut dan terlibat langsung membantu Satgas TMMD untuk menyelesaikan seluruh program yang masih berjalan.

“Kami berharap masyarakat memelihara apa yang telah kita kerjakan bersama ini, dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk kepentingan bersama,” tutur Heri.

Sekretaris Daerah Kabupaten HSU Adi Lesmana menyatakan pemerintah daerah selalu siap berkolaborasi dengan unsur TNI dan instansi lainnya dalam hal percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

“Pembangunan tidak akan berhasil tanpa kolaborasi seluruh unsur. Kami berharap kerja sama ini terus terjalin khususnya untuk memperkuat ketahanan pangan untuk mempersiapkan Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagai salah satu penyangga pangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” ujar Adi.

Baca juga: TMMD Kodim HSU bangun sumur bor dan PDAM di wilayah kekeringan
Baca juga: Wakasad: TMMD untuk dukung pembangunan daerah tertinggal

 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024