Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Simuelue, Provinsi Aceh, menjalin kerja sama dengan Universitas Syiah Kuala (USK) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guna mendukung pembangunan di daerah setempat.

“Simeulue memiliki banyak kekayaan alam sangat potensial yang perlu dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga perlu sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengoptimalkan potensi ini,” kata Penjabat Bupati Simeulue Ahmadlyah di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Baca juga: TDMRC-USK tingkatkan kesadaran mitigasi masyarakat berbasis teknologi

Di sela-sela penandatanganan kerja sama bersama Rektor USK Prof Marwan, ia menjelaskan Kabupaten Simeulue sering dikenal sebagai bagian dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), padahal daerah itu memiliki kekayaan alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kolaborasi antara USK dan Pemkab Simeulue ini sangat penting untuk mendorong upaya pembangunan di Kabupaten Simeulue. Kami berharap kesepakatan ini bisa membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Simeulue,” katanya.

Baca juga: FKH USK-ITD UNAIR perkuat riset dan inovasi

Rektor USK Prof Marwan mengatakan siap memberikan dukungan untuk peningkatan SDM di Simeulue. Di mana USK punya kemitraan yang luas dengan Kementerian Kelautan untuk mendukung nelayan modern di kawasan setempat.

Menurut dia, USK juga sudah memberikan dukungan terhadap upaya-upaya pembangunan di Simeulue seperti program pengabdian kepada masyarakat maupun dukungan staf ahli.

Baca juga: IDI dan USK beri beasiswa untuk mahasiswa Palestina

"Kerja sama tersebut meliputi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pelayanan, pendidikan dan pelatihan, pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, serta kegiatan akademik lainnya," kata dia.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024