Depok (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) Dyra Daniera berhasil meraih juara 1 Duta Bahasa Jawa Barat 2024.

"Rasanya seperti mimpi, dari 315 pendaftar, kemudian dikerucutkan menjadi 100 besar, 40 besar, 18 besar, hingga akhirnya dipercaya sebagai juara 1 Duta Bahasa Jawa Barat 2024," kata Dyra di Kampus UI Depok, Rabu.

Dyra bersyukur dapat bersaing dengan pemudi-pemuda terbaik di Jawa Barat (Jabar) yang memiliki segudang bakat dan prestasi. Tahun ini pendaftar Pemilihan Duta Bahasa Jabar 2024 berjumlah 315 orang berasal dari 27 kabupaten/kota di provinsi itu.

Seleksi Duta Bahasa ini diantaranya membuat esai Bahasa Indonesia dengan tema "Peran Bahasa dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs)”.

Baca juga: Mahasiswa magister UI juara 1 lomba poster Sardjito Learning Forum

Seleksi terdiri atas Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, Menulis Esai Tiga Bahasa (Bahasa Indonesia, bahasa asing, bahasa daerah), dan wawancara krida.

Dyra yang lolos menjadi salah satu dari 40 finalis Duta Bahasa Jabar 2024 kemudian mengikuti serangkaian pembekalan oleh para pakar dan ahli dalam bidang bahasa sastra, termasuk terkait Sejarah dan Kode Etik Duta Bahasa, Pengutamaan Bahasa Indonesia, Revitalisasi Bahasa dan Budaya di Jawa Barat, Internasionalisasi Bahasa Indonesia, Penjenamaan Diri, Teknik Wicara Publik, Penulisan Karya Tulis Ilmiah, dan Literasi Lingkungan.

Pada sesi Unjuk Bakat, Dyra menampilkan pembacaan puisi berjudul "Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini"  karya Taufiq Ismail yang ditulis pada 1966.  Puisi tersebut menampilkan rasa prihatin atas berbagai masalah yang terjadi di Indonesia, khususnya masalah ketimpangan sosial dan masalah lingkungan.

Dyra juga mengikuti tahapan psikotes, uji wicara publik (public speaking), Focus Group Discussion (FGD), wawancara kepribadian, dan membuat suatu karya tulis ilmiah untuk menampilkan krida atau program inovasi.

Baca juga: Alley Market UI beri kesempatan mahasiswa berwirausaha

Krida atau ide program inovasi yang diangkat Dyra pada pemilihan Dubas Jabar 2024 adalah "Sayembara Internasional Penerjemahan Sastra Nusantara" dengan tujuan menerjemahkan karya terbaik sastra Indonesia ke dalam bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Di tingkat Jabar sayembara ini bisa berupa menerjemahkan legenda, cerita rakyat, dan mitologi Jawa Barat, seperti Sangkuriang dan Legenda Situ Bagendit, ke dalam Bahasa Inggris. Hasil pemenang sayembara dapat dihimpun menjadi sebuah antologi buku dan dijual sebagai cenderamata di destinasi wisata unggulan Jabar yang  memiliki jumlah wisatawan asing tinggi.

"Saya berharap sebagai Duta Bahasa dapat menjadi ikon generasi muda peduli bahasa, karena bahasa sangat penting sebagai jati diri dan fondasi utama kemajuan bangsa," ujar Dyra.

Baca juga: Dua mahasiswa UI raih juara Pilmapres LLDIKTI Jakarta

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024