Moskow (ANTARA News) - Seorang wanita pembom bunuh diri menewaskan sedikitnya 16 orang Minggu dalam serangan terhadap stasiun kereta api utama kota Rusia selatan Volgograd, mempertinggi ketakutan keamanan hanya enam pekan sebelum Olimpiade Sochi dibuka.

Penyidik mengatakan wanita tak dikenal meledakkan diri setelah dihentikan oleh seorang polisi di detektor logam pusat pintu masuk stasiun ketika penuh sesak dengan orang-orang yang bepergian untuk merayakan Tahun Baru.

Rekaman ditangkap oleh kamera di dekatnya menunjukkan bola api oranye besar meniup pintu depan dan jendela yang berat dari bangunan batu abu-abu tiga lantai itu.

Pemecah asap tebal kemudian dicurahkan saat orang-orang tersebar di sepanjang jalan yang diguyur hujan.

Juru bicara Komite Investigasi Rusia Vladimir Markin mengatakan, para pejabat telah meluncurkan penyelidikan yang diduga "tindakan teror" itu.

Serangan itu adalah yang paling mematikan di Rusia dalam hampir tiga tahun terakhir.

" Seorang pembom bunuh diri yang mendekati detektor logam melihat penegak hukum dan, setelah kelihatan gugup, memicu bahan peledak,"

kata Markin mengatakan dalam komentar yang disiarkan televisi.

Dokter dan polisi mengatakan 16 orang tewas dan sekitar 45 lainnya terluka oleh ledakan setara lebih dari 10 kilogram (16 pon) TNT.

Kementerian Dalam Negeri Rusia mengatakan pihaknya segera meningkatkan keamanan di semua stasiun kereta utama dan bandara.

"Langkah-langkah ini melibatkan kehadiran polisi yang lebih besar dan melakukan pemeriksaan penumpang dengan lebih rinci," kata seorang juru bicara kementerian dalam negeri kepada kantor berita Interfax.

Pemerintah daerah Volgograd juga memperkenalkan tingkat siaga teror tinggi di wilayahnya untuk dua pekan mendatang.

Situs lifenews.ru menerbitkan gambar apa yang dikatakan kepala pembom seorang perempuan muda yang tergeletak di tengah tumpukan puing-puing dengan rambut cokelat panjang tersebar di seluruh lantai.

Situs web dan Kantor Berita Ria Novosti yang dikelola negara mengidentifikasi pembom sebagai wanita Dagestana bernama Oksana Aslanova yang telah menikah dengan gerilyawan Islam yang tewas dalam pertempuran dengan pasukan federal.

Peneliti menambahkan bahwa dia mungkin telah dibantu dalam serangan itu oleh seorang pria yang mereka identifikasi hanya dengan nama terakhir Pavlov.

Pembom bunuh diri perempuan sering disebut di Rusia sebagai "janda hitam" - wanita yang berusaha untuk membalas kematian anggota keluarga mereka dalam pertempuran dengan menargetkan warga sipil Rusia.

Keamanan Olimpiade


Kota yang dikenal sebagai Stalingrad di era Soviet itu sudah diserang pada 21 Oktober oleh seorang pembom bunuh diri perempuan dengan jaringan Islam.

Seranga itug menewaskan enam orang di atas bus ramai dan mendorong

berwenang untuk memfokuskan kembali perhatian mereka pada langkah-langkah keamanan yang diambil menjelang Olimpiade musim dingin di Sochi 7-23 Februari.

Kota Laut Hitam terletak 690 kilometer (425 mil) barat daya Volgograd dan dekat dengan kekerasan di daerah-daerah Kaukasus Utara seperti Dagestan dan Chechnya.

Gerilyawan berusaha memaksakan sebuah negara Islam di seluruh Kaukasus Utara, Rusia. Pemimpin mereka Doku Umarov telah memerintahkan pemberontak untuk menargetkan warga sipil luar daerah dan mengganggu Olimpiade.

Kremlin mengatakan Presiden Vladimir Putin - yang telah mempertaruhkan reputasi pribadinya untuk keberhasilan Olimpiade Sochi - "segera" dilapori insiden Minggu pagi itu dan sedang mengatur penyelidikan.

Pemerintah Rusia telah berulang kali berjanji untuk melakukan keamanan tertinggi untuk tindakan pencegahan di Sochi. Tidak ada indikasi sampai saat ini bahwa kelompok olahraga asing membatalkan kehadiran mereka atas kekhawatiran keamanan itu.

Dewan Keamanan PBB mengutuk serangan itu "dalam istilah terkeras", kata pernyataan yang dikeluarkan oleh ketuanya Gerard Araud, yang menyebutnya sebagai "tindakan keji".

"Terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya merupakan salah satu yang ancaman paling serius bagi perdamaian dan keamanan internasional," katanya.

Aksi terorisme adalah "kejahatan dan tidak dapat dibenarkan, terlepas dari apa motivasi mereka, dimanapun, kapan pun dan oleh siapapun", demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-AK)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013