Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla mengatakan bahwa rekonsiliasi elite politik akan efektif dilaksanakan saat presiden terpilih hasil Pemilu 2024 telah dilantik.

"Rekonsiliasi itu efektif, selama nanti dan kalau presiden RI terpilih harus memperlakukan semua orang sama," kata Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu.

JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, mengingatkan presiden terpilih tidak boleh memihak kepada satu pihak atau kepada para pendukungnya saja saat pemilihan presiden. Sebagai presiden terpilih memang harus memperlakukan semua orang dengan sama.

Menurut JK, dalam proses demokrasi di Indonesia, secara otomatis menimbulkan suatu sistem yang mengarah rekonsiliasi. Rekonsiliasi tidak berarti semua setuju untuk memasuki posisi masing-masing di pemerintahan, tetapi ada pula yang menjadi oposisi.

Baca juga: Bamsoet ajak semua pihak rekonsiliasi usai MK putuskan PHPU Pilpres

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan rekonsiliasi pada intinya adalah mengakui kemenangan.

"Bahwa nanti tetap ikut pemerintahan atau tidak, itu soal lain, sebagai kontrol. Yang penting bisa menerima, itu saja intinya," katanya.

Beberapa waktu terakhir, publik mendorong adanya rekonsiliasi para elite politik nasional usai Pilpres 2024. Keinginan itu untuk memberikan suasana damai setelah pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming ditetapkan KPU sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024–2029.

Baca juga: Bunyi-bunyi rekonsiliasi yang kian nyaring dari Senayan
Baca juga: Pimpinan MPR temui Jusuf Kalla bahas situasi kebangsaan

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024